Mohon tunggu...
Siti nor  Kartika Sari
Siti nor Kartika Sari Mohon Tunggu... Bidan - Mahasiswi IAIN Samarinda

Yakin aja sama Allah

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Dunia Akan Temukan Bahasa Indonesiaku

23 Desember 2019   13:34 Diperbarui: 23 Desember 2019   13:54 17 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


SITI NOR KARTIKA SARI
MAHASISWI IAIN SAMARINDA
Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar didunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dimana hanya sekitar 7.000 pulau yang berpenghuni Kalimantan, jawa, Sulawesi,  dan papua Sumatra merupakan pulau utama di Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil seperti bali, karimunja, gilli dan Lombok yang merupakan tujuan wisata local maupun internasional. Ibu kota  Indonesia adalah Jakarta.

Yah.. Indonesia banyak sekali keanekaragamannya. Keanekaragaman itulah yang membuat Indonesia dikenal oleh dunia. Indonesia mempunyai semboyan Bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap bersatu. Meski keanekaragaman tetapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara kesatuan republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku, bangsa, agama, kepercayaan.

Berbicara tentang bahasa daerah di Indonesia ini banyak sekali ragam bahasa daerahnya, mulai dari bahasa, jawa, Sumatra, sunda, dan masih banyak lagi. Dan pada tanggal 28 oktober 1945 diperingati sebagai hari sumpah pemuda dan hari bahasa di Indonesia.'' Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa indonesia''. Dimana bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia , bahasa Negara, dan bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yang fungsinya sebagai alat komunukasi .

sudah banyak yang menemukan bahasa Indonesia dalam arti banyak dari orang luar yang sudah atau dapat mempelajari bahsa Indonesia. karena bahasa Indonesia itu adalah bahasa yang mudah dipahami oleh seluruh dunia. Seperti di Surabaya jawa timur beliau adalah keturunan amerika yang menetap di Indonesia dalam waktu satu tahun ia mampu menguasai bahasa Indonesia, ini  membuktikan bahwa bahsa Indonesia itu adalah bahasa yang sangat mudah dipahami oleh semua orang.

Salah satu hal yang membuat orang luar ingin dan mudah memahami bahasa Indonesia adalah karena Indonesia mempunyai  segudang fakta unik dan menarik yang membuat wisatawan asing ingin berkunjung  seperti:
1. PUNYA RIBUAN PULAU
Menurut survei yang dilakukan 2002 lalu oleh National Insitute Of Aeronautics And Space (NASA) rupanya Indonesia punya 18:307 pulau.namun pada 2017 , pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut, menyatakan jika Indonesia punya 17.500 pulau

2..PUNYA TEMPAT WISATA YANG MASUK DAFTAR SITUS WARISAN DUNIA
Misalnya Taman Nasional Ujung Kulon di  Banten yang diakui sejak 1991. Ada pula Candi Borobudur yang namanya sudah mendunia dan selalu dipenuhi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

3.PUNYA GUNUNG API TERBANYAK SETELAH INDONESIA
Deretan gunung yang terhampar dari sabang hingga marauke membuat Indonesia menjadi Negara ketiga didunia .sementara di posisi pertama dan kedua dipegang oleh amerika serikat dan rusia.

4.MEMPUNYAI KERAGAMAN SUKU BANGSA TERBANYAK
Tercatat Indonesia memiliki 740 suku bangsa dan 67 bahasa yang berbeda. Dalam 583 daerah mereka mampu hidup rukun meski berbeda. Tidak hanya itu keragaman juga menghasilkan pakaian adat yang berbeda-berbeda pula  setiap daerah. Hebatnya lagi meski banyak kultur mereka mampu hidup damai. Hal ini yang membuat para pemimpin Negara yang luar selalu selalu terkesima dengan Negara ini.
Itulah sekilas beberapa fakta unik dan menarik dari Indonesia dan  masih banyak lag fakta menarik lainnya,yang membuat wisatawan asing tertarik untuk berkunjung sekaligus mempelajari  budaya dan bahasa Indonesia.

Ada 5 alasan Bahasa Indonesia  Pantas Jadi Bahasa Internasional.
1.Bahasa Indonesia adalah bahasa yang unik
2.Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sangat kaya
3.Bahasa Indonesia adalah bahasa yang sopan
4.Bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling mudah
5.Bahasa Indonesia kian dikenal bangsa lain.

Tak hanya di Indonesia, bangsa lain pun ternyata berminat belajar dan mengenal bahasa Indonesia .australia contohnya, mereka  tertarik dengan bahasa Indonesia karena mengagumi budaya Indonesia. Sebagai warga Indonesia seharusnya kita bangga dengan kekayaan leluhur, jadi kemungkinan bahasa Indonesia nantinya dijadikan bahasa internasional bisa saja terwujud. Dan semoga kita sebagai warga Indonesia dapat memajukan bahasa Indonesia dimata dunia.

Orang luar negeri banyak yang tertarik dengan bahasa Indonesia karena mengagumi budaya Indonesia. Lalu apa kelebihan bahasa Indonesia dimata dunia?
1. SALAH SATU BAHASA YANG PALING POPULER DI AUSTRALIA.
Di Australia bahasa Indonesia menduduki peringkat keempat bahasa yang paling popular yang sering digunakan dinegara tersebut.lebih dari 500 sekolah dasar yang turut serta mengajarkan bahsa Indonesia. Jika kamu berkunjung ke negeri  kangguru ini  jangan heran jika kamu temui banyak orang yang bisa berbahasa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan