Mohon tunggu...
Prakasita Nindyaswari
Prakasita Nindyaswari Mohon Tunggu... Gula Jawa

Love coffee and cheesy jokes. Passionate in arts and cultures. International Relations graduate, but currently into Law.

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Waras di Tengah Pandemik Melalui Self-Love

28 April 2020   16:27 Diperbarui: 28 April 2020   16:26 42 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Waras di Tengah Pandemik Melalui Self-Love
Sumber: painrlftherapies.com

Halo, sudah lama tidak menulis di sini. Semoga kita semua tetap bisa stay sane and stay strong di tengah pandemik ini. Saya yakin setiap orang menghadapi masalah dan tantangan selama pandemik ini, dan penting banget untuk menjaga kewarasan kita supaya tetap bisa menjalani hidup dengan optimis dan positif. Saya mau sedikit berbagi cara untuk tetap waras yang menurutku ampuh banget. Untuk bisa tetap waras, menurutku paling penting adalah  self-love. Apa sih self-love? Kurang lebih adalah mencintai dan membahagiakan diri sendiri. Bagaimana caranya? Ada beragam cara dan saya merujuk pada lima tipe Bahasa Cinta menurut Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul The 5 Love Languages: The Secret to Love that Lasts yang mana kebanyakan beranggapan ini hanya diaplikasikan dalam kehidupan  romantic relationship,  padahal lebih dari itu. Berikut saya coba sedikit jelaskan.

1. Quality Time

Orang yang memiliki kecenderungan memiliki bahasa cinta Quality Time biasanya adalah orang yang suka menyendiri jika sedang mengalami suatu masalah atau simply lelah aja sama kehidupan. Haha. Hal-hal yang biasa dilakukan misalnya dengan berdiam di kamar lalu just Netflix and chill,  meditasi ataupun bisa juga pergi ke kafe sendirian lalu baca buku, duduk di taman sendirian, dan lain-lain. 

2. Physical Touch

Orang dengan tipe bahasa cinta Physical Touch biasanya membutuhkan suatu medium atau berupa sentuhan agar merasa senang. Hal-hal yang biasa dilakukan misalnya dengan berenang (bersentuhan dengan air, jadi gak selalu harus sentuhan sama pasangan ya! He he he), pijat relaksasi, ke salon buat  hair spa, menggambar (bersentuhan dengan kuas, cat air, kanvas), dan lain-lain.

3. Words of Affirmation

Bicara dengan diri sendiri adalah salah satu hal yang biasa dilakukan oleh orang dengan tipe bahasa cinta Words of Affirmation seperti dengan mengatakan "you can do it", "I am happy", "I am loved" . Bisa juga melalui  journaling  atau menuliskan apa yang dia rasakan bias melalui blog atau sekadar nulis notes di ponsel. Ada juga yang senang ngobrol atau berdiskusi. Misalnya ketika sedang galau, dia langsung menelepon temannya dan curhat panjang lebar atau misalkan setelah menonton sebuah serial di Netflix, langsung mencari teman yang bisa diajak diskusi mengenai serial tersebut. 

4. Act of Service

Orang dengan tipe bahasa cinta Act of Service biasanya akan merasa lebih bahagia ketika bergerak melakukan sesuatu yang membahagiakan orang lain misalkan melalui kegiatan charity, atau juga misalkan kalau lagi mumet malah bersih-bersih rumah karena dengan melihat rumah rapi bikin hati senang. Hehe.

5. Receiving Gifts

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x