Mohon tunggu...
Siswoko Wok
Siswoko Wok Mohon Tunggu... wiraswasta -

a happy father

Selanjutnya

Tutup

Catatan

"Jebakan" Indovision

28 November 2012   11:29 Diperbarui: 24 Juni 2015   20:33 2945
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah satu bulan ini saya berlangganan Indovision, karena anak saya merengek rengek ingin pasang indovision, yang kata anak saya "banyak film kartunnya", sehingga dia mendesak desak agar saya segera memasang tv berlangganan ini.

Awalnya saya menelpon ke no kontak,  yang ada di iklan yaitu 500900, dan pada dering pertama langsung diangkat, dan prosesnya cukup sederhana dan cepat, sehingga esok harinya langsung dipasang, dan cukup membayar Rp 130.000 untuk pembayaran pertama, dan selanjutnya bayar sesuai paket yang dipilih.

Kemarin, karena saya pikir sudah satu bulan, saya datang ke ATM mau membayar paket yang saya pilih , yaitu paket venus seharga Rp 149.000 dan karena saya bayar di ATM maka ditambah ongkos pembayaran sebesar Rp 5.000 sehingga saya harus bayar Rp 154.000,-

Tapi ternyata tagihan saya sebesar Rp 198.000 , padahal setahu saya tidak ada paket senilai itu, kemudian saya mencoba mencari penjelasan dengan menelpon ke no 500900 untuk komplain. Tapi ternyata perlu 'perjuangan' tersendiri untuk bisa meminta penjelasan masalah ini, karena susah sekali untuk bisa berbicara dengan petugas mereka, setelah dijawab oleh mesin , petugas mereka tidak segera mengangkat telpon dari konsumen yang nota bene sudah jadi pelanggan mereka. Tidak seperti line untuk pasang baru yang langsung diangkat pada deringan pertama, untuk berbicara dengan petugas sangat lama dan sampai telpon saya putus dengan sendirinya karena lamanya menunggu. Tidak putus asa, saya coba kembali sampai beberapa kali, dan hasilnya tetap sama. Mungkin petugas nya tidak sebanyak untuk menerima pelanggan baru, atau terlalu banyak yang komplain sehingga telepon saya tidak diangkat angkat. Akhirnya saya menelpon ke line pelanggan baru -yang langsung diangkat pada dering pertama- dan saya sampaikan keluhannya, dan jawaban standar yang saya terima adalah "bukan bagian kami", tapi setelah ngotot, akhirnya saya disambungkan juga dengan bagian komplain, tetapi lagi lagi saya hanya mendengar lagu dan tidak diangkat sampai akhirnya saya matikan karena lebih dari lima menit dan hanya membuang buang pulsa.

Esoknya saya coba lagi menelpon mereka, dan setelah berkali kali , akhirnya bisa tersambung juga, kemudian saya sampaikan keluhan saya mengenai tagihan yang berbeda dan lebih tinggi dari paket yang saya ambil. Setelah di cek di data mereka, ternyata karena saya pasang tanggal 20, sedangkan periode tagihan dari tanggal 1- 31, jadi saya dikenakan biaya tambahan yang di hitung harian dari tanggal 20 sampai 30 bulan itu.

Saya kaget juga karena saat saya telpon untuk pasang, juga saat ada petugas yang datang untuk memasang antena serta tagihan pertama, hal ini sama sekali tidak dijelaskan, juga tidak ada 'syarat dan ketentuan' yang harus saya tandatangani yang mencantumkan hal ini.

Saya tidak mempermasalahkan nilainya yang Rp 40.000, tapi cara INDOVISION yang sama sekali tidak menjelaskan sebelumnya, sehingga saya mempunyai kesan bahwa ini adalah 'jebakan' agar konsumen membayar lebih dari yang seharusnya. Mestinya hal hal seperti ini dijelaskan sebelumnya oleh petugas sehingga kita sebagai konsumen bisa mengerti dan tidak merasa di jebak.

Memang dalam banyak hal, posisi konsumen di Indonesia dalam posisi yang lemah dan sering 'dibodohi' oleh para produsen.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun