Mohon tunggu...
Sistrip project
Sistrip project Mohon Tunggu... We love to write and share

About travelling and lifestyle

Selanjutnya

Tutup

Travel

Apa Sih Perbedaan Traveller dan Turis?

28 Januari 2020   21:05 Diperbarui: 28 Januari 2020   21:20 3049 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Sih Perbedaan Traveller dan Turis?
Tongsis atau selfie stick adalah barang yang wajib dibawa saat liburan (Bussinessinsider.com)

Traveller dan turis emang beda ya? Jawabannya iya. Ternyata banyak juga yang menjadi perbedaan antara traveller dan turis. Yuk kita simak satu persatu.

Pengertian Traveller dan Turis

Sebelum kita urai tentang perbedaan, ada baiknya kita pahami apa arti dari traveller dan turis. Traveller adalah penjelajah atau petualang yang melakukan journey atau menjelajahi tempat-tempat baru dan berbaur dengan penduduk lokal untuk mempelajari sejarah, budaya serta adat istiadat mereka. Kalau Turis adalah wisatawan dari dalam atau luar negeri yang melakukan liburan dengan tujuan relaksasi atau kesenangan diri, dan mengutamakantempat-tempat yang lagi hits.

Persiapan Liburan

Seorang traveller lebih suka mengatur itinerarynya sendiri, mereka akan mengatur detail dari perjalanan mereka, termasuk budget. Sedangkan turis, mereka lebih suka mempercayakan schedule mereka ke travel agent, termasuk pembelian tiket dan pengurusan visa (kalau destinasi luar negeri).

Baca disini untuk info travelling lainnya.

Tempat yang Dikunjungi

Traveller cenderung menghindari tempat-tempat yang ramai (terutama oleh turis). Mereka lebih tertarik mengunjungi tempat-tempat anti-mainstream seperti contohnya daerah pelosok dimana mereka masih dapat melihat langsung kehidupan asli penduduk lokal, dibanding mengunjungi tourist attraction spot. Sementara turis, seperti yang sudah disebutkan diatas, mereka akan mengunjungi tempat-tempat hits dan instagramable, tujuannya selain relaksasi, juga untuk eksis di social media :)

Perlengkapan yang Dibawa

Traveller akan membawa barang-barang mereka se-simple mungkin. mereka lebih suka menggunakan ransel dibanding koper. Baju yang dibawapun tidak banyak. Mereka lebih rela mencuci baju mereka dibanding harus bawa baju dengan jumlah yang banyak. Bagaimana dengan turis? sudah pasti lebih heboh :) merka akan menyesuaikan itinerary dengan baju yang akan dipakai. Demikian juga untuk aksesorisnya. Topi dan kacamata hitam bisa dibawa lebih dari 1. Dan 1 lagi barang yang wajib diabwa adalah tongsis! Menarik ya.. 

Traveller lebih suka bawa ransel dibanding koper (digitaltrends.com)
Traveller lebih suka bawa ransel dibanding koper (digitaltrends.com)

Barang yang Dibawa Pulang

Barang yang dibawa pulang atau oleh-oleh bagi traveller dan turis ternyata ada perbedaannya juga. Bagi traveller, mereka lebih menyukai barang yang menjadi ciri khas daerah atau negara yang mereka kunjungi, yang berasa dari pengrajinnya langsung. Bagaimana dengan turis? mereka suka juga.. tapi bedanya mereka akan mendapatkan barang tersebut di toko souvenir yang sudah dikemas dengan cantik.Dan mereka juga suka membeli oleh-oleh yang banyak.

Hmm ternyata seru juga ya, baik traveler dan turis, mereka akan mengisi liburan merka dengan cara yang berbeda dan dua-duanya menarik.

Source : Perbedaan Turis dan Traveller 

VIDEO PILIHAN