Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Wedang Uwuh dan Seduhan Jahe, Andalan Kesegaran Selama Ramadan

31 Maret 2023   17:42 Diperbarui: 31 Maret 2023   17:47 946
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi gambar: https://resepkoki.id/resep/resep-wedang-uwuh/

Sekira awal Bulan Maret ini, suami saya tugas dinas luar kota ke Yogyakarta. Sepulang dari sana, beliau membawa oleh-oleh berupa kudapan bakpia kukus dan panggang khas Kota Gudeg tersebut.

Namun yang sangat saya suka adalah sekotak ramuan Wedang Uwuh dan Seduhan Jahe Merah. Minuman favorit saya setelah teh aroma melati tentunya.

Ya, Wedang Uwuh khas Yogya ini saya gemari sejak dulu. Sahabat, kerabat atau tetangga yang baru pulang dari kota ini, hampir semuanya tahu saya penyuka minuman ini, sehingga sering mampir ke rumah menyampaikan oleh-oleh tersebut.

Tampilan kemasannya sederhana saja. Ada yang menyebut bahwa Wedang Uwuh sebagai minuman sampah. Padahal minuman yang berisi bahan rempah ini bermanfaat bagi tubuh.

Melansir dari grid.id, sebutan minuman sampah karena berbagai rempah yang ada di dalam wedang tersebut bercampur jadi satu layaknya kumpulan sampah organik.

Kemasan Wedang Uwuh dan Seduhan Jahe Merah (Dok.Pri)
Kemasan Wedang Uwuh dan Seduhan Jahe Merah (Dok.Pri)

Memang isian wedang uwuh terdiri dari irisan tipis-tipis jahe, kayu secang, kayu manis, daun cengkeh, biji pala dan gula batu kristal. Tapi saya menikmati minuman ini tanla gula, sehingga lidah mengecap rasa asli seduhan hangat wedang ini.

Sebelum ramadan tiba, saya mengalami kelelahan dan nyeri tulang punggung karena sering duduk lesehan guna mengajar mengaji dan les anak-anak. Bisa duduk hingga berjam-jam, membuat punggung bagian bawah sering kelelahan. Capek sekali.

Nah, saya mengkonsumsi minuman ini berselang seling hari dengan minuman seduhan jahe merah. Alhasil, nyeri saya berangsur hilang dan malah ketika memulai pekan pertama jelang ramadan dan memasuki bulan suci tersebut, saya bisa bertahan agak lama duduk bersila untuk tilawah.

Bagi pembaca yang belum mengenal Wedang Uwuh, wedang ini merupakan minuman tradisonal jawa yang biasa dikonsumsi oleh keluarga keraton hingga kalangan rakyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun