Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, penyuka buku dan lagi senang Nulis

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: ๐Ÿ’—Kutemukan CintaMU ๐Ÿ’— Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita ๐Ÿ’—150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi ๐Ÿ’— Ruang Bernama Kenangan ๐Ÿ’— Biduk Asa Kayuh Cita ๐Ÿ’— 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Olah Kentang Jadi Begini, Bikin Asyik Suasana Sarapan Pagi!

7 September 2021   10:26 Diperbarui: 7 September 2021   10:51 106 13 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Olah Kentang Jadi Begini, Bikin Asyik Suasana Sarapan Pagi!
Dok.Pri. Siska Artati

Sudah lama sekali saya tidak membuat lauk dari bahan kentang. Teringat terakhir bikin adalah Sambal Goreng Kentang Hati Ampela Ayam, sebagai pendamping menu opor ayam saat lebaran.

Jadi, pagi ini saya berniat mengolah kentang menjadi menu lauk sarapan keluarga berupa Perkedel Kentang Kornet Sapi ala Siska Artati.

Perkedel adalah makanan yang terbuat dari kentang yang telah digoreng atau direbus sebelum dilumatkan, lalu dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang serta daun seledri dan bumbu, dibentuk bulat-bulat gepeng, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng.

Istilah "perkedel" berasal dari Bahasa Belanda: Frikadel, hal ini menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni memasak Indonesia. Versi aslinya di Eropa, frikadel dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng, sedangkan di Indonesia perkedel dibuat dengan bahan kentang yang kadang hanya sedikit dibubuhi daging cincang atau kornet. Selengkapnya, Anda bisa menyimaknya di laman Wikipedia.

***

Resep berikut saya pelajari dari tutorial sebuah kanal youtube. Namun saya tambahkan bahan yaitu kornet sapiย agar lebih terasa nendang dan modifikasi dari resep aslinya.

Hayuks, deh, lakimares! Langsung kita mainkan resepnya!

Bahan Utama dan Bumbu | Dok pri. Siska Artati
Bahan Utama dan Bumbu | Dok pri. Siska Artati

Bahan Utama:

  • 1 kg kentang
  • 120gr kornet sapi
  • 2 butir telur ayam

Bahan bumbu dan tambahan:

  • 2 helai daun bawang
  • 5 helai daun seledri
  • 5 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 4 cabai rawit (optional jika suka pedas)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan