Mohon tunggu...
Siska Aningdiyah
Siska Aningdiyah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang yang hobi menyuarakan pikiran, pendapat, dan uneg-uneg melalui sebuah tulisan

Hidup ini butuh hiburan serta liburan bukan hanya sekadar lemburan dan pikiran sehingga menjadi refresh bukan stress

Selanjutnya

Tutup

Beauty

[#NgopiNi] Stigma Cara Berpakaian Wanita

16 November 2019   07:57 Diperbarui: 16 November 2019   19:21 208
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Wanita selalu benar, menurut saya itu kurang tepat, mengapa? Karena yang saya tangkap selama ini, wanita selalu saja dikelilingi dengan stigma-stigma yang terkadang membuat mereka merasa selalu serba salah. Kemarin saya telah membahas mengenai paradigma pendidikan bagi wanita. Itu salah satu isu yang cukup menarik untuk dihabas. Kali ini saya mau membahas mengenai stigma cara berpakaian wanita. 

Pernahkah kalian mendengar stigma yang mengatakan bahwa wanita yang bercadar dianggap radikal dan wanita yang berpakaian minim dipandang nakal. Terus wanita harus berpakaian seperti apa? Wanita yang memiliki postur tubuh yang agak besar kemudian mengenakan pakaian yang ngepas di badannya dianggap tidak sopan, namun jika memakai pakaian yang sangat longgar dibilang terlalu oversize atau tidak cocok. Jadi sebagai wanita kadang kita merasa serba salah gitu kalau soal pakaian. 

Menurut saya pakaian merupakan wujud dari kebebasan berekspresi. Kita memakai pakaian yang menurut kita nyaman. Jika mendengarkan omongan orang pasti tidak ada habisnya. Jadinya ya semakin bingung. 

Walaupun soal tata cara berpakaian sudah ada aturannya, yang sesuai dengan agama atau budaya bangsa. Tapi alangkah baiknya bukan kita yang menentukan bagaimana seharusnya orang berpakaian. Mereka memiliki gaya tersendiri. Hilangkanlah stigma-stigma mengenai hal tersebut. 

Saya sendiri seorang wanita, saya juga sering mendapatkan penilaian orang lain atas pakaian yang saya kenakan. Saya nyaman jika menggunakan pakaian yang cukup longgar, namun ada pula orang yang menilai penampilan saya. Ada yang mengatakan saya tidak cocok dengan gaya pakaian tersebut. Ada pula yang mengatakan bahwa saya terlihat lebih gendut jika mengenakan pakaian tersebut. Itu terkadang membuat saya tidak percaya diri jika mau memilih gaya berpakaian yang seperti apa. Padahal saya mengenakan pakaian tersebut atas dasar kenyamanan. Kadang pula saya bersikap untuk tidak peduli atas apa yang mereka katakan. 

Jadi teman-teman, tolonglah hilangkan stigma-stigma mengenai cara berpakaian wanita. Hargai kebebasan berekspresi mereka. Janganlah usik mereka atas apa yang mereka kenakan. Toh mereka juga memiliki alasan tersendiri atas itu. Mungkin cukup sekian yang ingin saya sampaikan melalui tulisan ini. Kata Hati, Kata Batin Yang Tersakiti. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun