Mohon tunggu...
Sinta Wulaningrum
Sinta Wulaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Artikel ini dibuat untuk memenuhi Tugas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proses Pengendalian Manajemen pada Sektor Publik

6 Desember 2022   23:45 Diperbarui: 6 Desember 2022   23:56 749
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini, dalam memulai suatu usaha diperlukan sistem pengendalian manajemen untuk mengendalikan bagaimana strategi dalam perusahaan berlangsung sesuai dengan rencana dan tujuannya. Fokus utama sistem pengendalian manajemen di sektor publik berkaitan dengan bagaimana melaksanakan strategi organisasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi. 

Pengendalian manajemen tidak hanya terbatas pada pengukuran kinerja, tetapi juga berkaitan dengan fungsi pengawasan, penetapan standar, pemberlakuan kode etik, termasuk upaya mendorong, memberi kesempatan, dan bertindak memaksa bagi kepentingan terbaik organisasi. 

Fokus pengendalian manajemen adalah pada unit-unit organisasi sebagai pusat pertanggungjawaban, sehingga memerlukan struktur organisasi yang sesuai dengan desain sistem pengendalian. Proses sistem pengendalian manajemen di sektor publik, terdiri dari: Penetapan Tujuan, Perumusan Strategi, Perencanaan Strategi, Anggaran,dan Sistem Operasional.

Salah satu perusahaan yang bergerak di sektor publik yaitu PT SR12 Herbal merupakan organisasi yang bergerak di bidang Herbal dan Perawatan Kulit, Didirikan pada tahun 2015 Mempunyai visi besar untuk memberi manfaat bagi semua orang, telah membawa organisasi ini berkembang pesat dan diminati oleh daerah setempat.

Setelah sempat mempertahankan bisnis dengan penjualan secara offline, maka pada bulan September 2016 mereka memilih untuk mengubah kerangka promosi dengan memanfaatkan Direct Selling, yaitu metode transaksi yang dilakukan langsung ke pasar sasaran. Pada akhirnya, perwakilan penjualan akan langsung pergi ke pasar tujuan atau calon klien untuk menjual dan menawarkan barang.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan kebutuhan terhadap informasi, internet pun turut mengalami perkembangan. Sehingga saat ini, muncul sebuah pola baru dalam melakukan proses bisnis yaitu dengan menggunakan aplikasi online atau Web Site. 


Dengan pertumbuhan yang cukup bagus di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan. Pertumbuhan positif tersebut didapat dari tiga komitmen dasar yang selalu dipegang teguh oleh PT SR12 Herbal, di antaranya menciptakan produk bermanfaat, sistem pemasaran yang baik serta kualitas produk yang mampu bersaing.

Sistem pemasaran yang unik dan mudah dijalankan membuat ekspansi bisnis SR12 berjalan pesat. Kini, produknya sudah dipasarkan ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Untuk mempermudah distribusi ke mitra, perusahaan  mendirikan titik-titik distribusi yang ditujukan untuk mempermudah mitra memenuhi kebutuhan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun