Mohon tunggu...
Sinta Wahyuputri
Sinta Wahyuputri Mohon Tunggu... FIA UI

Mahasiswa Ilmu Administrasi Niaga FIA UI

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Rencana Pengembangan Usaha - Angge

29 Mei 2019   22:53 Diperbarui: 29 Mei 2019   23:16 0 0 0 Mohon Tunggu...

  1. Pengembangan atau penambahan varian produk

ANGG merupakan adalah brand bergerak dibidang industri fashion yang yang kegiatannya utamanya adalah memproduksi outerwear outer dengan attachable tote bag untuk mendukung kegiatan yang konsumen lakukan dan memudahkan memudahkan pengguna untuk membawa barang-barang berharga dan barang-barang kecil seperti laptop, handphone, notes, dompet, charger handphone, power bank, dsb. Bahan yang digunakan untuk membuat outwear ini adalah jeans. Produk ini menggunakan bahan yang baik dengan kualitas terbaik sehingga membuat orang yang memakainya lebih terlihat lebih fashionable. Pada bagian dalam jaket terdapat kantong yang sama fungsinya seperti tas, namun tidak bisa diisikan dengan laptop. Desain outwear ANGG diperuntukkan untuk Laki-laki dan Perempuan usia 15- 35 tahun dan orang yang sering berpergian karena desain yang simple namun terlihat fashionable ketika menggunakannya. Outwear ANGG tersedia berbagai macam ukuran yaitu S, M, L,XL. Yang tentunya mempengaruhi ukuran besar kecilnya tas tersebut. Harga dari Outwear ini sebesar Rp 269.000,-

Setelah melewati masa penjualan, terdapat masukkan dan tanggapan yang sesuai dan valid dari konsumen terhadap produk kami. Hal ini membuat kami akan melakukan pengembangan dan penyesuaian produk untuk meningkatkan kualitas produk dan menjaga keberlangsungan brand.  Pengembangan produk adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh suatu bisnis untuk mempertahankan eksistensi yang telah diraih, menarik lebih banyak konsumen, serta mempertahankan keunggulan kompetitif bisnis tersebut dibanding para pesaingnya. Pengembangan produk yang kami lakukan pada produksi selanjutnya adalah    pengembangan pada warna produk. Warna produk kami pada saat ini adalah warna hitam, biru tua dan hijau army. Kami melihat banyak konsumen yang menginginkan warna yang lebih beragam dan lebih masa kini. Pada koleksi berikutnya, kami akan mengeluarkan warna broken white atau putih tulang, warna coklat, dan warna terracota atau coklat kemerahan.  Pengembangan produk yang kedua adalah pengembangan pada bahan dasar untuk produk. Bahan yang kami gunakan sebelumnya adalah jeans dan banyak konsumen yang ingin meminta bahan lain karena preferensi. Kami melihat hal tersebut sebagai peluang kami untuk memproduksi outer yang bahannya lebih beragam. Bahan yang akan kami produksi selanjutnya adalah cotton linen.

  1. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Segmentasi pelanggan Angge terdiri dari 3 jenis segmentasi yang terbagi atas segmentasi Demografis, segmentasi Psikografis dan segmentasi Geografis. Pada segmentasi Geografis, Produk outer ANGG diperuntukkan bagi orang orang yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan yang besar atau kota metropolitan karena produk ANGG pada saat validasi produk didominasi oleh pengisi kuisioner yang berdomisili di Jabodetabek dan didukung produksi dan pengembangan pemasaran yang berpusat di Jabodetabek. Walaupun demikian produk outer Angge tetap terbuka terhadap konsumen yang berasal dari luar Jabodetabek atau seluruh Indonesia. Tidak terdapat pengembangan dan penyesuaian segmentasi geografis.hal ini dikarenakan konsumen produk Angge banyak berasal dari Jabodetabek, bahkan terdapat konsumen yang memesan dari kota Bandung. Dalam segmentasi Demografis, kami mengkhususkan produk ANGG kepada masyarakat dengan jenis kelamin perempuan yang berumur 15-35 tahun, namun dalam proses penjualan terjadi pengembangan segmentasi dimana konsumen outer Angge tidaklah hanya perempuan namun terdapat laki laki dan terdapat konsumen yang berumur diatas 35 tahun. Hal ini menunjukan bahwa outer Angge masih relevan bagi orangtua yang berumur lebih dari 35 tahun dan relevan untuk digunakan oleh laki laki. Pada segmentasi Psikografis, kami mengkhususkan produk Angge terhadap nilai yang akan dibawakan yaitu simplicity lifestyle dan casual outfit. Hal ini disebabkan karena para millenials menyukai hal yang bersifat simple dan casual pada pakaian. Tidak terdapat penyesuaian atas segmentasi ini, karena nilai yang dibawa adalah versatile yaitu dapat dipakai kemana saja atau bepergian baik acara santai maupun formal.

  1. Penyesuaian Value Proposition

Produk Angge memiliki tiga value proposition yang ditawarkan kepada konsumen, yaitu Versality (keserbagunaan), Simplicity (kesederhanaan), dan Multi-Purpose (multiguna). Versatility merupakan salah satu hal yang menjadi alasan utama mengapa kami membuat brand ANGG. Brand kami menawarkan value proposition ini dengan memberikan dua design/kegunaan dalam satu produk yaitu outer yang sekaligus dapat dijadikan sebagai tas yang dapat membawa barang-barang seperti laptop. Rancangan desain yang menjadi transisi kegunaan dari outer menjadi tas pun sangat mudah untuk dipahami konsumen. Oleh karena hal tersebut, inilah nilai yang ada dalam produk yang merupakan keunggulan kami.

Membawa outer dan tas terkadang menjadi penyebab sulitnya masyarakat dalam berpindah tempat, hal ini membuat simplicity menjadi salah satu hal alasan kami untuk membuat brand ANGG. Menggabungkan versatility dan simplicity ke dalam satu produk merupakan sebuah tantangan yang cukup sulit. Namun, bagi brand kami, justru hal ini lah yang menjadi nilai yang kami tawarkan bagi konsumen.

Value proposition yang kami tawarkan selanjutnya, multi-purpose,  adalah nilai yang terdapat pada produk kami dengan dua fungsi sekaligus yaitu menjadi penutup badan (covering) outer dan menjadi tas untuk menaruh barang-barang.

Setelah proses produksi dilakukan yang diawali dengan pembuatan prototype, terdapat beberapa perubahan pada desain produk kami. Desain prototype awal produk kami adalah outer yang dapat dilipat sebagai tote bag. Namun karena beberapa pertimbangan seperti kenyamanan dan estetika, kami memutuskan untuk menjadikannya tote bag tersebut attachable, sehingga apabila konsumen ingin menggunakannya sebagai outer, tote bag itu dapat disimpan di kantong bagian belakang outer atau dapat digunakan secara terpisah.

  1. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x