Mohon tunggu...
rdsinta
rdsinta Mohon Tunggu... Freelancer - Content writer

| Bacalah untuk upgrade dirimu | Double Degree S1 Farmasi dan Sastra Inggris 2022, aktif dalam penulisan konten tentang berbagai informasi yang unik, menarik dan kekinian di sekitaran masyarakat | Instagram : @rdsinta_

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Indonesia Krisis ISBN, Memangnya Seberapa Penting ISBN Dalam Suatu Karya?

3 Desember 2023   09:05 Diperbarui: 3 Desember 2023   09:09 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ISBN buku via unsplash.com 

Bagi seorang penulis menerbitkan buku merupakan suatu pencapaian besar karena dapat memberikan dampak jangka panjang dalam dunia literasi. Apalagi jika buku yang diterbitkan sudah mendapatkan pengakuan yang legal hal tersebut menjadi salah satu pencapaian tersendiri ketika membuat sebuah karya tulis. 

ISBN merupakan salah satu Nomor Standar Buku Internasional yang diberikan pada setiap buku yang diterbitkan dan memberikan identitas dengan kode unik numeric untuk membedakan buku satu dengan yang lainnya. 

ISBN ini memiliki manfaat yang sangat penting bagi penulis karena sebuah karya yang memiliki hak cipta dalam setiap karyanya akan memberikan dampak besar apalagi dalam dunia literasi maka dampaknya pun luar biasa dalam memajukan pengetahuan serta meningkatkan reputasi bagi penulisnya, dengan adanya ISBN ini maka secara tak langsung ISBN membantu dalam mengkonfirmasi kepemilikan intelektual dan hak cipta atas karya yang telah dibuat hal ini menjadi sangat penting supaya terlindungi karya dari pelanggaran hak cipta oleh oknum-oknum nakal.

Mengapa setiap karya tulis yang diterbitkan memerlukan ISBN ?

ISBN sangat penting karena dapat memberikan identitas pada buku, memperlancar arus distribusi buku karena dapat mencegah terjadinya kekeliruan dalam pemesanan buku serta menjadi sarana promosi tersendiri bagi penerbit dan penulis dan biasanya pencantuman ISBN ini disebarkan oleh Badan tertentu. 

Apabila buku anda sudah ber-ISBN maka buku anda tidak hanya diakui di dalam negeri melainkan bisa mencapai pengakuan di luar negeri pula. Hal ini sangat menguntungkan bagi penerbit maupun penulis.

Lalu, Mengapa Indonesia masih krisis ISBN ?

Mengenai lonjakan ISBN yang tidak wajar banyak faktor yang menjadi perhatian tersendiri mulai dari peningkatan jumlah penerbitan buku di Indonesia karena banyak orang yang memulai bisnis di dunia penerbitan, pemanfaatan ISBN untuk keperluan non-buku seperti jurnal, majalah dan produk digital hingga menyebabkan permintaan ISBN ini kuotanya semakin menipis, proses penerbitan ISBN di Indonesia yang masih manual sehingga hal ini yang membuat antrian penerbitan ISBN semakin panjang. 

Sebenarnya, ISBN ini diperuntukkan hanya untuk buku yang benar-benar diterbitkan melalui rantai pasokan buku dan tersedia secara umum. ISBN tidak boleh digunakan sebagai alasan untuk gengsi saja dan membuat karya anda tampak professional, anggapan tersebut adalah salah. ISBN hanya untuk produk yang layak dan memerlukan.

Buku ber-ISBN ini tetap harus tersedia untuk umum baik secara gratis atau dengan harga tertentu dengan di publikasi pada web yang besar atau penjualan secara offline. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun