Mohon tunggu...
Sindy Fajriyanti
Sindy Fajriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hello!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Artikel Populer "Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Era Digital"

18 Januari 2022   04:16 Diperbarui: 18 Januari 2022   05:23 1316 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

ARTIKEL POPULER TEMA PENDIDIKAN

"DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL"

Pendidikan adalah sebuah proses perubahan sikap dan tingkah laku, seseorang atau kelompok serta menambah ilmu pengetahuan agar peserta didik dapat menjadi lebih dewasa dalam berpikir dan bersikap melalui pengajaran dan pelatihan. Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan tidak bisa dihindari lagi, bahkan teknologi digital saat ini tidak hanya merambah pada kehidupan saja tetapi sudah merambah ke dunia Pendidikan.

Seiring berjalan nya zaman, dalam dunia Pendidikan pun kini sudah banyak menggunakan teknologi digital apalagi disaat pandemi covid-19 saat ini yang mengharuskan kita semua untuk berada dirumah saja, dan dampak nya para pelajar pun harus belajar atau sekolah dari rumah atau biasa disebut Sekolah Daring. Dengan adanya sekolah daring ini membuat kita harus menggunakan alat teknologi seperti handphone dan laptop agar proses pembelajaran tetap berjalan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun teknologi tidak hanya mendatangkan manfaat positif saja, melainkan juga dapat mendatangkan efek negatif juga.  

Adanya pandemi covid-19 ini mengubah sistem pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah. Tidak hanya sekolah saja tetapi sistem perkuliahan juga diubah menjadi sistem Daring. Sistem daring atau dalam jaringan yaitu sistem pembelajaran yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan learning manajemen seperti menggunakan Google Meet, Zoom, Google Classroom, E-Learning, Whatsapp, Youtube, dan sebagainya, yang dilakukan secara online atau dari rumah. Proses pembelajaran yang menggunakan sistem daring ini, terkadang muncul berbagai macam masalah yang dihadapi oleh guru, dosen, siswa, dan mahasiswa, seperti tugas yang menumpuk, sinyal yang terkadang sering hilang tiba-tiba atau sinyal yang kurang memadai yang dapat membuat siswa tertinggal kelas saat zoom, atau kesulitan untuk mengakses informasi, dan memperlambat dalam mengerjakan tugas-tugas.

Proses pembelajaran secara daring juga memberikan manfaat lainnya yaitu seperti, siswa dan guru menjadi lebih menguasai teknologi, mereka dipaksa dan harus cepat menguasai teknologi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar karena jika kita dapat menguasai teknologi dengan baik dan maksimal. Namun dalam dunia Pendidikan, pembelajaran menggunakan teknologi digital juga memiliki efek positif dan efek negatif nya, seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Dalam melakukan berbagai hal pasti akan ada efek positif dan negatif nya termasuk dalam dunia Pendidikan di era digital ini. Yang pertama akan saya jelaskan yaitu efek positif dari pembelajaran di era digital terlebih dahulu seperti dibawah ini :

  • Minat Belajar Siswa Meningkat

Perkembangan teknologi membuat segalanya menjadi lebih canggih, dengan penjelasan visual dari konsep yang diberikan akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi siswa.

  • Meningkatkan Pengetahuan Siswa

Siswa dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan internet untuk mencari informasi yang tersedia. Dan siswa mampu mengembangkan Analisa yang baik dan keterampilan riset.

  • Meningkatkan Partisipasi Keaktifan Siswa 

Dengan pembelajaran melalui daring membuat siswa yang tadinya tidak aktif menjadi lebih aktif karena mereka menjadi memiliki kepercayaan diri untuk berpartisipasi.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan