Mohon tunggu...
Lingkungan

Berkenalan dengan Kebun Buah Naga Sabisa Farm

16 Mei 2019   09:00 Diperbarui: 16 Mei 2019   09:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Berkenalan dengan Kebun Buah Naga Sabisa Farm
Kebun buah naga Sabisa Farm-dokpri

Buah Naga (Hylocereus Undatus) adalah jenis buah tropical yang populer di kawasan Asia Tenggara dan merupakan keluarga tanaman kaktus (Cactaceae). Buah ini juga menjadi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Walaupun menjadi favorit masyarakat Indonesia, hal tersebut tidak menjamin masyarakat mengetahui bagaimana buah tersebut tumbuh di kebunnya.

Di Kota Bogor, tepatnya di kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat terdapat kebun buah naga yang bernama Sabisa Farm. Kebun ini memiliki lahan seluas 5000 dan terdapat kurang lebih 300 tanaman buah naga. Kebun Sabisa Farm ini dikelola oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor sebagai sarana belajar mahasiswa.  Buah naga yang ditanam di kebun ini ada dua jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Tanaman buah naga di Sabisa Farm ini memiliki satu musim panen dalam setahun. Musim panen tersebut terdapat pada bulan September hingga bulan April. Pada musim panen tersebut banyak sekali buah naga yang dihasilkan dari kebun ini. Buah naga yang sudah dipanen di Sabisa Farm ini juga dijual di masyarakat. Harganya sebesar dua puluh lima ribu rupiah per kilogram.

proses pemotongan sulur atau batang-dokpri
proses pemotongan sulur atau batang-dokpri

Kebun buah naga Sabisa Farm ini sering melakukan perawatan terhadap tanaman buah naga. Salah satu kegiatan perawatan yang dilakukan adalah pemotongan sulur atau batang. Pemotongan ini dilakukan pada sulur yang sudah busuk, sulur yang tidak terkena cahaya matahari, dan juga sulur yang sudah pernah berbuah atau sudah tua.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x