Mohon tunggu...
SITI MOOZANAH
SITI MOOZANAH Mohon Tunggu... SiMooza

Mahasiswa semester 2 di Universitas Nusa Putra dan Penggiat tulisan di berbagai platform online.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perasaan Manager tentang Sistem Hibrida dalam Perusahaan

22 Juni 2021   11:40 Diperbarui: 22 Juni 2021   13:25 58 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perasaan Manager tentang Sistem Hibrida dalam Perusahaan
sqfeed.com

"Sesuatu yang bisa kamu kerjakan di manapun adalah hal yang kamu cintai." - SiMooza

Banyak perusahaan telah menjadi lebih fleksibel dalam hal pekerjaan, di mana karyawan dapat bekerja selain di kantor, tetapi masih ada beberapa manajer dan eksekutif yang benar-benar mengatur kerja jarak jauh untuk karyawan mereka dan tidak semua orang setuju dengan ini. Demikian pula, ada beberapa manajer baik-baik saja dengan bawahan mereka yang bekerja dari jarak jauh.

Perusahaan telah menjadikan sebagian besar karyawannya melalui sistem kerja secara hibrida yaitu kondisi di mana semua karyawan bisa menggabungkan waktu bekerja mereka di kantor dan di rumah. Misalnya dalam seminggu waktu bekerja adalah 5 hari, jadi system hibrida ini membuat 2 hari di kantor dan 3 hari di rumah.

Jadi, bagaimana perasaan mereka tentang sistem ini?

Mereka telah melalui waktu yang panjang untuk periode bekerja dari aktivitas yang cukup melelahkan dalam pekerjaan di tahun 2020, sehingga mereka mengubah tim. Menurut survei dari beberapa klien yang telah dilakukan oleh para konsultan perusahaan, lebih dari 40% dari manajer percaya mereka memiliki tingkat stres lebih tinggi dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas-tugas mereka yang melebihi sebelum datangnya pandemi.

Robert Allenby adalah seorang mitra di sebuah firma hukum di San Diego. Firmanya mengizinkan mengizinkan sebagian besar staf --bukan hanya pengacara bekerja dari rumah beberapa hari seminggu atau lebih jika mereka tidak harus berada di kantor untuk persiapan sidang atau tugas lainnya. Terlihat bahwa pandangan beberapa manager adalah begitu banyak ketakutan yang dimiliki mereka ketika bekerja di rumah, telah terbukti tidak bermanfaat. Selain kami kehilangan produktivitas atau profitabilitas. Lebih penting lagi, kami tidak memiliki cukup sosial untuk memperoleh moral yang lebih baik.

Dia mengatakan cukup terkejut bahwa terkadang para professional pun kurang dapat menerima pekerjaan jarak jauh. Ada beberapa pengacara yang lebih muda dan bahkan sampai hari ini adalah orang-orang yang tidak tahu apa-apa. Lori Smith mendukung fleksibilitas yang lebih besar bagi karyawan, tetapi mengatakan satu kelemahan dari pekerjaan jarak jauh adalah harus selalu mengejar anggota tim terpilih. Dia yang mengelola 40 asisten penasihat keuangan di sebuah bank di Atlanta, mengatakan sebagian besar timnya berkinerja kurang baik selama setahun terakhir.

Ada pula yang setuju dengan keputusan bekerja di rumah, seperti Smith yang baru saja pensiun dari pekerjaannya karena dia bekerja tujuh hari seminggu dan tidak memiliki keseimbangan kehidupan kerja, katanya. Namun dia yakin timnya akan berhasil dengan mode hybrid, karena hingga 70% pekerjaan mereka dapat dilakukan dari jarak jauh. Dia merekomendasikan agar setiap manajer mendapatkan persetujuan dari semua anggota tim mengenai bagaimana sistem baru akan bekerja dan untuk memastikan ketika mereka meminta orang untuk datang ke kantor bahwa ada alasan yang baik bagi mereka untuk berada di sana, seperti untuk pelatihan atau untuk meningkatkan produktivitas mereka jika perlu.

Ini dilihat dari nilai dalam bekerja ketika di rumah, terutama ketika tugas tertentu tidak mengharuskan seseorang untuk berada di lokasi, tetapi meminta semua orang bekerja dari rumah pada beberapa hari sebagai hal yang biasa dapat berarti dia akhirnya melakukan hal-hal yang biasanya dia delegasikan.

Sebagai manajer dari pusat panggilan untuk sebuah perusahaan pendidikan, Diana Garrett lebih memilih situasi hibrid daripada situasi serba-terpencil yang dia alami sekarang. Garrett baru bekerja tiga bulan dan bekerja penuh waktu di kantor Arizona ketika pandemi melanda. 

Akibatnya, dia hanya bertemu 12 orang secara langsung dari timnya saat ini yang terdiri dari 25 orang. Semua orang telah dipekerjakan sejak itu dan mereka tidak lagi berada di negara bagian yang sama karena kantor Arizona ditutup. Kurangnya interaksi pribadi membuat pekerjaannya lebih sulit dan lebih banyak memakan waktu. Tugasnya tetap sama, tetapi semuanya membutuhkan lebih banyak waktu. Percakapan 5 menit di kantor sekarang membutuhkan waktu dua kali lipat atau lebih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN