Mohon tunggu...
Simon P. Sarkol
Simon P. Sarkol Mohon Tunggu... Wiraswasta - Saya adalah seorang swasta yang berdedikasi dalam bidang pengembangan sosial ekonomi dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini, saya sedang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Asmat, khususnya terkait isu climate action dan ketahanan pangan. Saya juga terlibat dalam pengelolaan Credit Union di Asmat dan berbagi pengalaman seni musik dengan sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

Saya adalah seorang swasta yang berdedikasi dalam bidang pengembangan sosial ekonomi dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat lokal. Saat ini, saya sedang aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Asmat, khususnya terkait isu climate action dan ketahanan pangan. Saya juga terlibat dalam pengelolaan Credit Union di Asmat dan berbagi pengalaman seni musik dengan sekolah-sekolah di wilayah tersebut. Sebelumnya, saya memiliki pengalaman selama 3 tahun sebagai Freelance-Staf kontrak-Staf lapangan Project Asmat Makmur untuk LSM di Jogja, yang bekerja sama dengan salah satu Keuskupan di Papua. Proyek ini didukung oleh sebuah perusahaan di Jerman. Pengalaman tersebut membekali saya dengan pengetahuan dan keterampilan yang berharga dalam pekerjaan saya saat ini di Asmat. Selain itu, saya juga memiliki minat dalam pembuatan konten video, menulis, dan bermain musik. Saya mahir bermain gitar, organ gereja, dan keyboard. Bahkan, saya juga mengelola layanan kursus musik offline dengan nama Musik Asmat Sejahtera. Saya sangat antusias dalam menghadapi dinamika politik di Asmat dan berkomitmen untuk menciptakan perubahan positif dalam masyarakat lokal. Jika Anda tertarik atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email atau WhatsApp yang tertera di atas.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Gema Doa Global untuk Perdamaian antara Rusia dan Ukraina dari Asmat Papua

30 Maret 2022   19:30 Diperbarui: 30 Maret 2022   19:32 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen pribadi

Umat Paroki Katedral Salib Suci Agats, Keuskupan Agats, mempersembahkan Doa Global untuk Perdamaian RUSIA dan UKRAINA, di dalam misa kudus pada Hari Raya Kabar Sukacita (25/03/22).

Sebagaimana biasanya, setiap hari jumat minggu berjalan dalam masa Prapasakah, umat katolik di seluruh dunia, termasuk di Asmat mengadakan devosi Jalan Salib. Jalan Salib merupakan salah satu bentuk devosi yang berpusat pada permenungan akan sengsara dan wafat Kristus. Devosi Jalan Salib dipimpin oleh Pastor Yulius, dimulai pada pukul 17.30. Setelah doa penutup devosi Jalan Salib, Pastor Yulius mengingatkan umat untuk ikut serta merayakan misa kudus Hari Raya Kabar Sukacita sekaligus mendoakan perdamaian Rusia dan Ukraina.

Misa Hari Raya Kabar Sukacita ini dipimpin oleh P. Anton R. Tjokroatmodjo, Pr. Sebelum berkat penutup, Doa Upacara Konsekrasi Kepada Hati Maria yang Tak Bernoda, di daraskan bersama-sama oleh Sekretaris Jenderal Keuskupan Agats (P. Anton R. Tjokroatmodjo, Pr.), Pastor Paroki Katedral Salib Suci Agats (P. Yulius Hirnawan Kristyanto, OSC), dan Pastor Rekan Paroki Katedral Salib Suci Agats (P. Arya Sasongko, OSC).


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Bapa Suci Sri Paus Fransiskus juga mengadakan upacara konsekrasi RUSIA dan UKRAINA kepada Hati Maria Tanpa Noda pada Hari Raya Kabar Sukacita pada jam 17.00 waktu Roma. Sudah tentu dalam kebersamaan dengan kehendak mulia Bapa Suci dan kesatuan dengan Gereja Katolik seluruh dunia, Gereja Katolik di Indonesia bersama-sama mendoakan ujud khusus untuk memohon perdamaian RUSIA dan UKRAINA. Doa ini digemakan di seluruh dunia.

Semoga kasih Allah melalui harapan, perdamaian, kekuatan, kebaikan dan keselamatan yang menjadi pokok dalam Doa ini sungguh terwujud.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun