Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Bacaan bagi Anak Generasi Z dan Alpha

5 Oktober 2022   22:02 Diperbarui: 5 Oktober 2022   22:05 105 9 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu sampul majalah anak Bobo-dok  Kakek Merza

Bacaan bagi anak generasi Z dan Alpha

Salah satu majalah anak yang sering saya baca, saat saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar adalah majalah Bobo. Majalah ini, materinya memang dikhususkan untuk anak-anak dengan ukuran tulisan relatif besar, dilengkapai juga dengan gambar warna yang menarik.

Majalah Bobo menjadi teman saya dalam belajar membaca, dan juga menumbuhkan minat baca dalam diri saya. Juga menjadi hiburan dikala jenuh bermain, dan menonton televisi yang saat itu baru ada TVRI saja.

Saat ini dimana stasiun Televisi sudah banyak, jenis permainan beraneka raga, kekuatiran akan menurunnya minat baca anak-anak, terutama generasi Z dan Alpha. 

Menurunnya minat baca pada generasi ini, kemungkian karena adanya permainan atau tontonan yang lebih menarik dibandingkan membaca.

Dengan berkembangnya teknologi internet, sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat baca generasi Z dan Alpha, dengan melakukan penyesuaikan dan pendekatan teknologi. 

Munculan istilah literasi digital, dimana berbagai tenis bacaan saat ini dipublikasikan secara digital dan disebarkan melalui jaringan internet yang dapat mencapai ke seluruh bagian dunia.

Anak-anak dan remaja di era ini, perlu dibekali dengan keterampilan literasi yang lebih baik dalam rangka menyaring berbagai informasi yang mudah didapat.

Jika dulu jenis bacaan anak-anak seperti majalah bobo ini, isinya terlah terselesi menag untuk anak-anak dan memberikan pesan-pesan moral yang baik. 

Semeny=tara saat ini, di era globalisasi, orang tua, dan guru, agak sulit untuk membatasi informasi literasi yang dapat diakses oleh anak-anak. Karena tidak menutup kemungkinan literasi di dunia maya berupa tulisan ini, tidak semuanya dapat dikonsumsi oleh anak-anak.

Sedangkan,kelebihan yang bisa didapatkan dari bacaan digital, adalah adanya peran multimedia dalam penayangannya, sehingga lebih menarik bagi anak-anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan