Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peringat Hari Kesaktian Pancasila di Lingkungan Yayasan Pendidikan Saint Peter, Jakarta Utara

4 Oktober 2022   13:50 Diperbarui: 28 Oktober 2022   19:31 127 14 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengibaran Bendera Merah Putih-Dok Saint Peter

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lingkungan Yayasan Pendidikan Saint Peter, Jakarta Utara.

Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, Yayasan Pendidikan Saint Peter menyelenggarakan Upacara Bendera pada tanggal 3 Oktober 2022.

Pagi hari Pukul 6.45, sebagaian siswa sudah berdatangan ke lapangan Upacara, awal sedikit ramai dan terkesan semerawut karena bersama juga dengan datangnya kendaraan pribadi yang mengantar para siswa. Berkat tim keamanan yang luar biasa, maka jalur datang kendaraan dapat diatur dengan baik sehingga persiapan upacara dapat berjalan lancar dan tertib. Memang tidak mudah mempersiapkan murid dari 3 jenjang satuan pendidikan yang berbeda. 

Sekedar Informasi, Yayasan Pendidikan Saint Peter, menyelenggarakan pendidikan jenjang Paud dan TK, SD, SMP, SMA, dan SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama, yang mengadopsi kurikulum dari Cambridge dan Oxford). Untunglah siswa-siswi di lingkungan Yayasan kami cukup dispilin, sehingga mudah diarahkan untuk segera merapihkan barisan.  

Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini, satuan pendidikan yang bertugas adalah siswa-siswi dari SMA. Dengan seragam putih-putih lengkap dengan sarung tangan dan peci hitam, para petugas dengan semangat mempersiapkan semuanya.

Setelah semua siap, upacarapun dilaksanakan dengan tertib. Pasukan pengibar Bendara (PASKIBRA), berbaris dengan rapih dan memasuki lapangan Upacara, siap mengibarkan sang saka Merah Putih. Belajar dari Upacara Kemerdekaan, pengibaran bendara Merah putih berjalan dengan baik selain karena keterampilan petugas, juga telah diperbaikinya katrol pada tiang bendera. Bendera kebangsaan dapat dikibarkan gagah berani, dengan diiringi lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan oleh paduan suara dari SMP Saint Peter.

Adapun yang Pembina Upacara hari ini adalah Ibu Dra.B. Ridwanita H,M.Pd. dalam kesehariannya menjabat sebagai kepala sekolah SMA Saint Peter. Menyampaikan bahwa Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah terbukti kesakiannya menghadapi berbagai tantangan dan rongrongan, salah satunya adalah Gerakan 30 September yang mencoba menganti idiologi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesuai dengan tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" . Pembina upacara menegaskan bahwa kita selaku bangsa Indonesia yang baru bangkit dari kondisi pandemi, tidak hanya bangkit, tetapi juga harus disertai pergerakan seusuai dengan idiologi bangsa, yaitu Pancasila,  untuk Indonesia yang lebih baik.

Setelah Pembacaan Pancasila yang diucapkan ulang oleh seluruh peserta upacara, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh petugas. Kembali Paduan suara memperdengarkan suara mereka melalui Lagu Wajib Nasional "Garuda Pancasila"  yang terdengar menggema dan gagah. Tidak lupa sebelum selesai Upacara ditutup dengan pembacaan doa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan