Mohon tunggu...
Sim Chung Wei
Sim Chung Wei Mohon Tunggu... Guru - Guru

blog : castleofwisdom7.blogspot.com Saya pria, lahir di kota "tahu" Sumedang, Jawa Barat. 24 Desember 1979. Anak pertama dari dua bersaudara. saat ini berprofesi sebagai tenaga pendidik di salah satu sekolah Internasional di Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Membuat Batik Tulis di Hari Batik Nasional

2 Oktober 2022   22:48 Diperbarui: 3 Oktober 2022   23:57 162 10 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Twibb0n Hari Batik Nasional 2022-dokpri

Pengalaman Membuat Batik Tulis Dihari Batik Nasional

Memperingati hari Batik Nasional yang telah ditetapkan setiap tanggal 2 Oktober, sejak diakui oleh UNESCA padah tahun 2009. Banyak acara digelar dalam memperingatinya, termasuk pihak pengelola Pusat Perbelanjaan ikut meramaikannya. Salah satunya Mall Kota Kasablanka, mengelar acara berjudul "Indonesia Batik Heritage" 2022.

informasi Acara-dokpri
informasi Acara-dokpri

Acara ini menghadirkan Guest Star Nikita Willy, dimeriahkan juga dengan berbagai booth pengrajin Batik, yang berlangsung dari tanggal 29 September sampai 10 Oktober 2022. Serta beberapa designer kenamaan Indonesia, sebut saja salah satunya Chintami Atmanegara, yang menampilkan berbagai desaign karya mereka, yang diperagakan oleh para model dalam rangkaian peragaan busana batik.

Jika dilihat perkembangnya, saya kagum dengan karya anak bangsa, batik tidak hanyak dijadikan busana formal, sekarang ini sudah bisa dikembang dalam bentuk outfit yang lebih kekinian, sesuai dengan selera dan trend anak muda.

Design-design yang ditampilkan,  tidak kalah dengan trend yang sedang berkembang saat ini. Sehingga di harapkan dapat menarik generasi muda untuk tetap mencintai dan melestarikan budaya batik. Bangga menggunakan batik dalam berbagai kesempatan yang sesuai.

Selain peragaan busana,  ada juga pelatihan batik tulis, yang salah satu tujuannya untuk memperkenalkan cara pembuatan batik tulis, kepada masyarakat. Pada kesempatan ini, saya turut berpartisipasi mencoba  menggambar batik dengan menggunakan canting. 

Dengan membubuhkan semacam lilin cair pada kain putih yang sudah kita pola, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Saya awalnya mengalami kesulitan karena baru pertama kali memegang canting, dan menggontrol aliran lilin cair panas yang keluar dari canting. 

belajar membantik dengan canting-dokpri
belajar membantik dengan canting-dokpri

Untunglah, fasilitatornya mengarahkan dengan baik, sehingga tak lama, saya sudah mulai menguasai penggunaan canting, meski belum bisa terlalu rapih. Pada kesempatan ini kami hanya mendapat kesempatan berlatih  menggambarkan pola yang kami buat dengan canting, sedangkan proses pewaraannnya akan memakan waktu lebih lama lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan