Mohon tunggu...
Silvi Monica
Silvi Monica Mohon Tunggu... Lainnya - Smile

Menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Cara Berinteraksi dengan Teman yang Berbeda Suku

20 September 2020   08:44 Diperbarui: 30 April 2021   17:51 13740
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berinteraksi dengan teman berbagai suku (akson/unsplash)

Sebagai Makhluk Sosial sudah pasti kita membutuhkan yang namanya interaksi. Interaksi dibutuhkan agar manusia bisa membentuk sebuah hubungan dengan manusia lainnya, seperti yang kita ketahui bahwa manusia ingin hidup berdamping baik itu sebagai pasangan maupun berteman. 

Sebagai manusia saya juga pasti membutuhkan interaksi, karena tanpa adanya interaksi saya tidak bisa menjalin sebuah hubungan dengan mudah termasuk berteman. Dengan interaksi saya bisa mempunyai teman dihidup saya karena tanpa adanya teman menurut saya hidup begitu hambar layaknya kue tanpa gula. 

Karena saya tinggal dinegara yang beragam budaya dan suku otomatis saya akan berteman dengan teman yang berbeda-beda suku, cara saya berinteraksi kepada teman saya adalah tetap  menghargai suku mereka, saling menghormati, bersikap toleransi dan tidak membeda-bedakan mereka yang pastinya.

Sewaktu SMA saya berada dikelas yang begitu beragam suku, agama dan budaya. Meskipun berbeda-beda saya dan teman saya tetap saling menghormati. Didalam kelas saya juga memiliki seorang sahabat bernama Putri, kami begitu akrab dan bisa dibilang kami seperti layaknya saudara. 

Kemana saya pergi ia selalu menemani saya kemana saja saya ingin pergi. Meskipun dia hanya sahabat saya tapi menurut saya ia seperti saudara bagi saya karena ia selalu peduli terhadap saya layak seperti kakak bagi saya. Hal paling berkesan bersama ia adalah ia selalu bisa membuat saya tertawa dan bisa memberi saya saran jika saya sedang dalam sesusahan.

Tinggal dinegara  yang lingkungannya begitu beragam suku, agama, dan budaya membuat saya menyadari bahwa saya hidup didalam kehidupan yang begitu multibudaya dikarenakan saya berinteraksi dengan orang yang berbeda-beda tetapi saya masih bisa berteman dengan mereka dan hal yang tercermin dari itu semua adalah mengajari saya cara saling menghargai, dan saling menghormati satu sama lain. 

Selain itu, saya begitu tertarik jika bisa belajar bahasa Inggris menggunakan materi multibudaya agar saya tetap bisa mengenal dan memperkenalkan budaya yang ada diIndonesia meskipun menggunakan Bahasa Internasional.  Meskipun begitu, setiap siswa pastinya memiliki pendapatnya masing-masing. 

Dan itu biasanya difaktorkan karena suatu masalah yang ada dalam materi tersebut yang misalnya saja saya tertarik jika bisa menggunakan materi multibudaya dalam belajar bahasa Inggris tetapi apakah teman saya juga akan setuju jika menggunakan materi tersebut ? Tentu tidak, mereka pasti akan mengeluarkan pendapat mereka masing-masing. Dalam menangani hal ini guru perlu memahami pendapat siswanya dan menyesuaikan pendapat siswa dengan cara mengajar mereka, karena pastinya setiap guru juga bertekad ingin membuat muridnya berhasil.

Mempunyai teman yang berbeda-beda suku pastinya saya sering mendengarkan mereka berbicara menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing dan menurut saya itu hal yang bagus tetapi jika digunakan dilingkungan sekolah saya merasa kurang setujuh dikarena disekolah setiap orang pasti memiliki suku yang berbeda-beda dan akan lebih baik jika kita menggunakan bahasa yang umum saja misalnya bahasa Indonesia. 

Sementara itu, mempelajari setiap Suku Bangsa Indonesia adalah hal begitu penting untuk kita ketahui agar kita dapat mengetahui apa saja keragaman yang ada diIndonesia. Misalnya, belajar bahasa daerah, belajar tarian daerah, dan menghafal  lagu daearah yang ada diIndonesia.  

Saran saya, meskipun kita tinggal dilingkungan yang berbeda-beda suku, agama, budaya, dan adat istiadat  kita harus tetap menjaga Persaudaraan dan Persatuan  Bangsa kita dengan cara kita harus saling menghargai, menghormati, dan tidak membeda-beda Ras, Suku, Agama, dan Adat Istiadat karena kita semua itu sama hanya latar belakang kita yang berbeda-beda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun