Mohon tunggu...
SILVIANA RAMADINA
SILVIANA RAMADINA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNUSA

Janganlah menunggu hari yang terbaik untuk melangkah ,karena setiap hari sangatlah berharga

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Budaya Adil (Just Culture) dan Non Blaming dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien

7 Januari 2024   20:37 Diperbarui: 8 Januari 2024   06:48 191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya Silviana Ramadina, berinisiasi untuk mengeskplor artikel yang informatif terkait Budaya Adil (Just Culture) dan Non Blaming dalam Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien, yang dapat bermanfaat untuk semua.

Budaya perlakuan yang Adil (Just Culture)adalah konsep yang menekankan pentingnya perlakuan yang adil pada individu atau seseorang yang melaporkan insiden atau kesalahan. Jadi, prinsip dari budaya ini adalah tidak menyalahkan atau menghukum individu yang melaporkan insiden. Budaya ini mencakup sikap, perilaku yang digabungkan dalam menerapkannya. Budaya yang menyalahkan (Blame Culture) menuntut kesempurnaan dari individu dan menyalahkan jika terjadi kesalahan. Hal ini dapat menghambat kenyamanan dalam bekerja, dan mengurangi pelaporan insiden.Untuk itu, budaya keselamatan pasien yang aman mendorong profesionalisme, transparansi dan komitmen terhadap pelaporan. Menghindari menyalahkan individu adalah kunci dalam membangun budaya ini, insiden atau kesalahan harus dilihat sebagai peluang untuk perbaikan sistem dan bukan sebagai kesalahan individu. Tranparansi adalah hal penting dalam budaya keselamatan pasien, memungkinkan regulasi dan profesionalitas untuk menyelesaikan insiden tanpa harus melalui proses yang memakan waktu lama.Kepemimpinan yang memahami pentingnya keselamatan pasien, kerja tim yang efektif, komunikasi yang baik, pengakuan kesalahan adalah beberapa faktor untuk membangun budaya keselamatan pasien yang aman.Semua Faktor ini dapat membantu mencegah kesalahan, meningkatkan kualitas pelayanan dan membuat lingkungan yang adil aman bagi pasien dan tenaga kesehatan.

Penerapan budaya keselmatan pasien bukanlah tugas yang mudah, tetap manfaat jangka panjangnya dapat membawa perubahan positif secara menyeluruh dalam pelayanan kesehatan, dengan fokus pada pembelajaran, perbaikan sistem, dukungan terhadap individu, rumah sakit dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan responsif terhadap kebutuhan pasien dan tenaga Kesehatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun