Mohon tunggu...
Silvia Febriola
Silvia Febriola Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa pgpaud

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bakti Akademisi UNNES: Mahasiswa PGPAUD Membuat Game Edukatif Untuk Mengenal Sifat Benda Pada Anak Usia Dini Melalui PowerPoint

14 Oktober 2025   20:22 Diperbarui: 14 Oktober 2025   20:21 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Game edukatif "Mengenal Sifat Benda" (Sumber: Silvia Febriola))

Semarang, 13 Oktober 2025 -- Mahasiswa PGPAUD Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar kegiatan bakti akademisi ddengan tema "Mengenal Sifat Benda Lewat Game Edukatif".
Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan konsep sifat benda kepada anak usia dini melalui media iinteraktiif yang berbasis TIK. Dengan memanfaatkan PowerPoint interaktif, aplikasi lainnya, untuk membuat game digital edukatif, dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Mahasiswa turut membuat langsung game untuk anak-anak saat belajar dan bermain. Anak-anak akan diminta untuk menebak hingga bermain game mudah untuk anak dengan tujuan mengenalkan sifat benda kepada anak.

Game edukatif bagian Bermain (mengikuti pola dan menebak jawaban yang tepat) (Sumber: Silvia Febriola)
Game edukatif bagian Bermain (mengikuti pola dan menebak jawaban yang tepat) (Sumber: Silvia Febriola)

Dari adanya produk game edukatif ini sudah menjadi bukti bahwa penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran anak usia dini sangatlah dibutuhkan sekaligus mengeenalkan Teknologi pada anak. Game edukatif berbasis PowerPoint dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme belajar karena permainan yang menyenangkan dan menantang membuat anak-anak lyang membuat anak semakinn bersemngat dalam belajar. Dalam game edukatif juga membantuu anak dalam melatih kemampuan berpikir kritis dan problem solving, di mana anak-anak dituntut untuk menebak jawaban, mencocokkan gambar, dan menyelesaikan tugas sederhana.Media interaktif ini juga memperkuat pemahaman konsep, misalnya sifat benda yang dimana materi telah disajikan secara visual dan menarik. 

Melalui Game Edukatif ini, mahasiswa PGPAUD belajar bahwa pendidikan anak usia dini akan lebih efektif jika disampaikan melalui media interaktif, sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain, meniru dengan sederhana akan menjadiii langkah kecil yangg berartii hingga bermakna dalam mengembangkan dan menumbuhkan minat belajar dan pemahaman anak.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun