Mohon tunggu...
Silvia Ara Ria Fatimah
Silvia Ara Ria Fatimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa STIA "AAN" Yogyakarta

~ Semua orang akan mati kecuali karyanya ~

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Aku adalah pemimpin untuk diriku sendiri

20 Maret 2023   21:34 Diperbarui: 27 Mei 2023   22:06 572
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

~ Menjadi pemimpin tak melulu soal golongan besar,
seperti sebuah organisasi/kenegaraan.
Menjadi pemimpin juga bisa dimulai dari hal kecil,
misalnya dengan menjadi pemimpin untuk diri sendiri. ~

Hallo kenalin aku Silvia Ara Ria Fatimah, saat ini aku merupakan mahasiswa semester 2 di STIA "AAN" Yogyakarta. Bagiku menjadi pemimpin untuk diri sendiri itu tidaklah mudah, yang mana kita selalu dituntut untuk memahami diri sendiri, seperti percaya diri, konsisten dengan kebiasaan baik, tanggung jawab terhadap apa yang telah diambil, memanage waktu, dsb.

Dari hal-hal kecil itulah yang nanti akan menjadi bekal di masa depan. Saat ini aku menyadari peranku menjadi pemimpin yaitu aku mampu mengontrol & mengendalikan diriku sendiri dengan berbagai achievement yang telah aku raih saat ini.

Tentunya achievement yang telah aku raih saat ini juga berkat support dari orang-orang baik di sekelilingku terutama adalah orang tuaku, dosenku, dan juga teman-temanku. Achievement yang telah aku raih salah satunya adalah ketika aku lolos mengikuti kegiatan berskala nasional, yaitu Inspiring Leader Camp. Inspiring Leader Camp merupakan kegiatan pelatihan kepemimpinan oleh pemuda-pemudi terpilih dari seluruh penjuru Indonesia untuk menyiapkan generasi emas 2045 yang diselenggarakan di Markas TNI Rindam Jaya, Jakarta Timur.

Suatu kebanggaan tersendiri bagiku saat aku dinyatakan lolos untuk menjadi salah satu Delegasi kegiatan tersebut dan bersaing dengan orang-orang hebat di Indonesia. Serta suatu kecanggungan bagiku ketika bertemu dengan orang baru dari berbagai daerah, yang mana ia sudah memiliki banyak pengalaman karena rata-rata dari mereka merupakan mahasiswa tingkat akhir, sedangkan aku saat itu adalah mahasiswa baru yang masuk satu bulan yang lalu.

Akan tetapi dari kecanggunganku itu aku jadikan bekal, aku jadikan pembelajaran, aku jadikan kesempatan untuk banyak bertanya dengan mereka hingga aku dapat termotivasi oleh mereka, dan rasa canggung itu berubah menjadi semangat baru.


Itulah awal dari perubahan hidupku dimulai. Setelah itu aku sangat bersemangat untuk terjun ke berbagai organisasi dan juga mengikuti berbagai perlombaan hingga saat ini aku bisa memegang amanah besar yaitu menjadi Duta Inspirasi Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.


Tulisan ini saya persembahkan kepada komunitas Pemimpin Berkarya Nusantara atau bisa dibaca di instagram @pemimpinberkaryanusantara 

Sekian & Terimakasih

 
Yogyakarta, 20 Maret 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun