Mohon tunggu...
Silmi Niswa
Silmi Niswa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan anak usia dini untuk bekal jenjang selanjutnya

25 September 2022   08:41 Diperbarui: 25 September 2022   08:43 139 2 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan adalah sebuah kebutuhan yang harus ditanamkan sejak usia dini yang bertujuan agar kelak saat ia dewasa dapat menjadi manusia yang bermanfaat, bermartabat yaitu menjadi pribadi yang memiliki hati nurani, cerdas dalam bersikap dan bertuturkata. Karna, pada usia ini adalah masanya anak untuk mendapatkan pendidikan. Seperti yang telah ditetapkan oleh pemerintah anak memiliki kewajiban untuk belajar selama 12 tahun. Pengajaran pendidikan pada anak usia dini memang harus  ditekankan karena anak yang di didik sejak dini berpeluang meraih kesuksesan di masa depan, pada usia ini mereka yang menerima simulasi yang tepat pada usianya akan mempengaruhi tingkat kreativitas anak yang membuat mereka lebih percaya diri dan mandiri.

Pendidikan memiliki arti yang sangat penting dalam membentuk manusia yang cerdas, membekali ilmu-ilmu yang berguna untuk masa depan. Bangsa indonesia saat ini di prediksi sedang mengalami krisis pendidikan. Sebagian masyarakat tidak menyadari bahwa pendidikan adalah sesuatu hal yang sangat penting. Pada saat ini tidak banyak pengangguran disebabkan oleh kurangnya ilmu dan wawasan tentang pendidikan yang mereka punya.

Jika orang tua hanya mengandalkan sekolah dan guru, itu tidaklah salah. Namun anak-anak juga perlu mendapatkan pendidikan dirumah dengan baik. Anak usia 4-6 tahun merupakan usia yang diyakini memiliki kematangan untuk perkembangan fisik, motorik intelektual, emosional dan sosialnya mudah mereka serap. 

Pendidikan pada usia dini memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Memiliki bekal pendidikan untuk jenjang selanjutnya. 

Pendidikan pada usia dini dapat menjadi bekal untuknya sebelum menginjak pendidukan yang lebih tinggi nantinya. 

2. Memperlihatkan dunia baru pada anak

 Anak-anak pada usia dini memiliki imajinasi dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga mereka sangat suka berkreativitas. Pendidikan pada usia dini dapat berdampak secara holitik pada tumbuh kembang anak dari sisi motorik kognitif bahasa hingga perkembangan sosialnya.

3. Membantu peekembangan anak dalam segi emosionak maupun intelektual

Pendidikan anak usia dini mampu membantu perkembangan emosionak dan kecerdasan anak. Guru mereka akan mendidik mereka dengan cara yang menyeangkan sepeti belajar sambil bernyanyi dengan cara seperti itu anak akan mudah menyerap apa yang disampaikan oleh gurunya.

4. Membentuk karakter yang baik untuk anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan