Mohon tunggu...
Heru Wijayanto
Heru Wijayanto Mohon Tunggu... -

Visit my own site at http://siheyu.info

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Apakah Perusahaan Anda Siap Go Online?

13 Februari 2010   10:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   17:56 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apakah anda mengenal Amazon ? Sebuah online shop terbesar yang ada saat ini. Pada awal berdirinya Amazon di pertengahan tahun 1990an, Amazon.com hanyalah sebuah online shop yang fokus pada penjualan buku. Seperti buku-buku terbitan Prentice Hall, Mc-Graw Hill dan beberapa penerbit lainnya. Namun, coba anda sekarang masuk ke dalam sites Amazon.com, anda akan menemukan berbagai macam produk, mulai dari yang terkecil seperti kertas ataupun pulpen, sampai produk terbesar, seperti genset bahkan traktor pun ada di Amazon. Kalo mengambil semboyan salah satu iklan yang ada di televisi, maka bisa dipastikan slogan Amazon adalah “Semua Ada Di Sini”. Anda hanya tinggal duduk di depan komputer, maka anda bisa mencari produk apapun yang anda inginkan, hanya dari sebuah website Amazon.

Perkembangan yang cukup cepat, bagi sebuah toko buku. Coba anda banyangkan, jika Amazon, membuka toko tersebut secara “fisik”. Berapa meter persegi bahkan berapa hektar yang harus disiapkan untuk menampung semua produk-produk Amazon tersebut.  Belum lagi masalah gedung, penataan bahkan pengurusan pegawai. Tentu bukan hal yang mudah. Namun Amazon, hanya fokus pada sebuah website. Fokus pada online. Sebuah konsep yang mungkin, belum pernah dibayangkan sebelumnya.

Menengok perkembangan website dan dunia internet saat ini, pertumbuhan maupun penambahan website sudah sangat pesat. Belum lagi pertumbuhan pengguna internet yang sangat tinggi. Bisa dikatakan, sejelek-jeleknya kondisi ekonomi di dunia, maka pertumbuhan e-commerce bisa mencapai sekitar 25 %. Bahkan menurut salah sebuah website, pertumbuhan perusahaan kecil seperti UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mulai memasuki dunia online, sudah mencapai hampir 81% pertahun. Sebuah angka yang sangat tinggi, bagi pertumbuhan dunia usaha.

Pertanyaannya, mengapa sekarang beberapa perusahaan, seperti berlomba-lomba untuk bisa memasuki dunia online ? Kalo ada perusahaan yang ingin Go Internasional, maka kalo ini bisa dikatakan perusahaan ini ingin Go Online.  Ada beberapa alasan, yang bisa menjadi dasar, mengapa perusahaan saat ini harus bisa berkecimpun di dalam dunia online.

Ekonomi Baru


Secara tidak sadar, Internet telah membuat sebuah sistem perekonomian yang baru. Dimana penjual dan pemberi tidak bertemu langsung secara fisik, namun bertemu dalam dunia maya tanpa melakukan kontak fisik secara langsung. Perusahaan seperti Amazon diatas, maupun E-bay, telah menjadi perusahaan yang mendominasi konsep online tersebut. Dimana beberapa tahun yang lalu, konsep tradisionalah yang masih merajai. Anda tidak perlu memiliki perusahaan sebesar Amazon dulu baru masuk ke dalam dunia online. Namun dengan perusaaan kecil maupun  menengah, anda sudah bisa mulai dapat masuk ke dalam dunia online.

Internet adalah sebuah nilai sempuran bagi dunia bisnis


Menurut situs computerstats.com, mengatakan bahwa hampir 76,8 % penduduk dunia, sudah terkoneksi ke dalam dunia maya / internet. Sebuah pangsa pasar yang sangat besar. Anda hanya memiliki website, berarti anda memiliki pangsa pasar sebanyak 76,8% penduduk dunia. Dalam kata lain, anda dapat menjual produk anda ke seluruh dunia, hanya dengan menceburkan diri ke dalam dunia internet.

Imej Perusahaan


Sudah bukan hal baru lagi, apabila sebuah perusahaan memiliki website yang menarik bahkan mampu menarik banyak pengunjung, maka secara tidak langsung imej dari perusahaan tersebut akan naik. Karena dengan masuk ke dalam dunia online, berarti secara tidak langsung anda telah siap menuju perdagangan internasional.

Mampu memberikan pelayanan kepada konsumen dengan maksimal.


Dengan masuk ke dalam dunia online, maka anda dapat berkomunikasi dengan para konsumen dengan cepat dan maksimal.l Anda bisa berinteraksi melalui email, chatting, messenger, bahkan melalui situs pertemanan atau social network. Jika anda mampu mudah untuk berkomunikasi dengan konsumen, maka akan memberikan nilai lebih dari konsumen kepada anda.

Informasi yang Disampaikan kepada Konsumen menjadi lebih mudah.


Jaman saya kecil dahulu, kalau ingin mencari sesuatu informasi tentang sebuah produk ataupun perusahaan, maka hal yang saya lakukan adalah mencari buku “kuning”, yang berisikan daftar2 perusahaan yang ada. Namun dengan masuk ke dalam dunia online, maka konsumen tinggal masuk ke google kemudian mencari produk anda ataupun langsung menuju ke wesbsite yang dituju. Kemudian konsumen bisa membaca secara langsung mengenai informasi yang ada di perusahaan tersebut.

Biaya Rendah


Apa yang harus disiapkan oleh perusahaan apabila ingin masuk ke dunia online ? Hanyalah sebuah domain dan hosting, kemudian kita membuat website yang inginkan tentunya. Biaya tersebut sangatlah murah dibandingkan kita membuat sebuah toko secara fisik misalnya.  Itu dari sisi sebuah web site, kemudia jika perusahaan tersebut menerapkan e-business dengan internet sebagai medianya, maka akan mampu menekan biaya sampai dengan 50 %.

Pelayanan dan Bisnis 24 Jam


Keuntungan terbesar dari sebuah bisnis yang masuk dalam dunia online adalah kemampuannya untuk selalu aktif dan buka selama 24 jam penuh. Online shop seperti amazon, tidak akan pernah tutup. Setiap konsumen dari manapun di dunia, dapat mengaksesnya selama 24 jam penuh.

Dapat diakses dari manapun di dunia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun