Mohon tunggu...
Sigit Romadhon
Sigit Romadhon Mohon Tunggu... Mahasiswa

Universitas Negeri Malang KKN UM Desa Tumpakrejo Tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN UM 2021: Pengenalan Desa Tumpakrejo Melalui Video Profil sebagai Ajang Eksistensi Potensi Desa

12 Mei 2021   18:21 Diperbarui: 3 Juni 2021   14:47 61 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UM 2021: Pengenalan Desa Tumpakrejo Melalui Video Profil sebagai Ajang Eksistensi Potensi Desa
Arsip dokumen mahasiswa proker video profil

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang mampu membuat media publikasi desa dalam bentuk video profil yang menarik. Profil desa yang dibuat yakni tepatnya di desa Tumpakrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang. KKN UM berlangsung secara sinambung yakni setiap hari jum’at, sabtu dan minggu selama 15 minggu yang pelaksanaannya dari tanggal 19 februari 2021 hingga 06 juni 2021.  

Video profil merupakan media elektronik yang memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi yang efektif dalam memperkenalkan suatu daerah. Video profil juga bisa diartikan sebagai gambaran informasi mengenai seseorang maupun suatu instansi yang telah mencapai suatu kesuksesan dalam produksi karya yang telah dihasilkan dan diterima di kalangan masyarakat luas. Informasi yang dimaksud yakni dalam bentuk audiovisual atau video (Kuswandi, 2010).

Dokumen mahasiswa KKN UM 2021 berupa wisata pantai wonogoro
Dokumen mahasiswa KKN UM 2021 berupa wisata pantai wonogoro
Video profil desa dapat didefinisikan sebagai sebuah video yang berisi mengenai gambaran umum dari sebuah desa. Video profil tersebut sangat akurat untuk potensi suatu daerah karena dapat menampilkan sebuah informasi lebih nyata.  Pembuatan video profil ini merupakan salah satu program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UM tahun 2021. Yang mana program kerja ini akan menghasilkan video profil dari desa Tumpakrejo dengan mengunggulkan potensi yang ada. Pembuatan video profil ini juga dibuat guna memperkenalkan potensi yang dimiliki desa Tumpakrejo kepada masyarakat luas.

Dokumen mahasiswa KKN UM 2021 berupa wisata pantai nganteb
Dokumen mahasiswa KKN UM 2021 berupa wisata pantai nganteb
Selain itu, video profil diharapkan mampu menarik perhatian investor maupun wisatawan asing. Alasan dari pembuatan video profil yakni kurangnya publikasi dari potensi dari desa Tumpakrejo yang terekspos oleh media. Salah satunya yakni beberapa wisata desa, UMKM yang ada di desa maupun kegiatan desa.  Video profil berisi data dan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi langsung serta dokumen pribadi milik desa Tumpakrejo. Hasil dari proker ini yakni berupa video sebagai media publikasi desa Tumpakrejo.

Proses pengambilan footage | Dokpri
Proses pengambilan footage | Dokpri
Proses editing video profil desa Tumpakrejo| Dokpri
Proses editing video profil desa Tumpakrejo| Dokpri
Proses pembuatan video profil desa ini dilakukan beberapa kegiatan pengambilan footage-footage yang mendasari beberapa potensi yang ada di desa Tumpakrejo. Setelah beberapa footage sudah diambil, akan dilakukan proses pengeditan video (editing video) sekaligus penambahan narasi di dalam video tersebut. Narasi ini merupakan inovasi yang muncul untuk penambahan estetika dari sebuah video agar tidak terkesan monoton.  

Setelah itu, hasil video profil desa ini akan disebarluaskan melalui media massa seperti Instagram, Youtube dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan untuk publikasi serta pengenalan desa Tumpakrejo. Akun yang digunakan untuk proses publikasi video profil ini menggunakan akun Instagram dari KKN UM 2021 dan juga akun yang dimiliki oleh desa Tumpakrejo sendiri.

Link Youtube KKN UM Desa Tumpakrejo : 


Penulis : Tim Proker Video Profil Desa KKN UM Desa Tumpakrejo 2021

VIDEO PILIHAN