Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Dampak Diplomasi Jokowi Soal Rusia, Ukraina, dan Presidensi G20

4 Juli 2022   22:11 Diperbarui: 4 Juli 2022   22:46 419 22 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Presiden RI Joko Widodo dengan latar belakang bendera Negara G20 | Dokumen Foto Via Media Indonesia.com


Akankah hasil dari diplomasi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dapat mendamaikan pertikaian perang antara Rusia dan Ukraina?

Apakah ada korelasinya dengan peluang Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Nobel perdamaian?

Apakah mungkin sebenarnya diplomasi Presiden Jokowi ini hanyalah merupakan sebuah penegasan posisi Indonesia bahwa Indonesia berada diposisi netral, atau bahkan hanyalah sekadar menyampaikan undangan pada pertemuan Presidensi G20 belaka?

Apakah diplomasi Presiden Jokowi ini hanya sebatas mendompleng atau menjual atas nama misi kemanusian dan misi perdamaian tapi sebenarnyanya diplomasi Presiden Jokowi ini hanya membawa misi atas nama investasi dan hubungan bilateral belaka?

Apakah korelasi pertemuan Negara-negara G20 ke depan di Indonesia, dengan posisi Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20?

Dan secara keseluruhannya, pasca diplomasi Presiden Jokowi ke Rusia dan Ukraina usai, termasuk soal pertemuan presidensi G20 ke depan, akankah ada dampaknya?

Sebelum lanjut, sejenak ada baiknya juga meresapi lagu grup Nasida Ria yang judulnya perdamaian.

"Perdamaian, oh perdamaian, perdamaian oh perdamain.
Banyak yang cinta damai tapi perang makin ramai.
Bingung-bingung ku memikirkan".

Ya, memang tidaklah semenjana itu pasca diplomasi Presiden Jokowi ini, maka perdamaian antara Rusia dan Ukraina langsung bisa terwujud, karena buktinya Rusia masih saja menggempur dan memerangi Ukraina. Perang diantara kedua negara masih terus berlanjut entah sampai kapan.

Namun setidaknya, saat Presiden Jokowi dalam misi diplomasi di Ukraina, bersama Ibu Iriana, dan rombongan dalam kondisi aman terkendali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan