Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Artikel Utama

Ada Baiknya Silaturahmi Idul Fitri Jangan yang Jauh-jauh Dahulu

14 Mei 2021   21:12 Diperbarui: 15 Mei 2021   07:53 2152 66 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada Baiknya Silaturahmi Idul Fitri Jangan yang Jauh-jauh Dahulu
Ilustrasi silaturahmi saat lebaran di tengah pandemi. Sumber: Shutterstock via Grid.id

Dalam setiap momentum hari raya Idul Fitri, ada budaya kita untuk saling berkunjung dalam rangka silaturahmi, baik itu berkunjung ke tempat saudara kita, kerabat kita, dan teman kita, hingga keluarga kita yang lainnya.

Bahkan, dalam silaturahmi Idul Fitri ini, meskipun jarak yang di tempuh itu harus jauh sekalipun, tidak akan mengendorkan niat kita untuk tetap dapat berjumpa dengan para saudara, kerabat, dan teman, hingga keluarga kita yang lainnya tersebut.

Yang jelas juga, sebagai catatan penting kita dalam silaturahmi Idul Fitri ini, berkaitan juga tahun 2021 ini masih dihadapkan dengan pandemi corona, maka silaturahmi Idul Fitri haruslah tetap dilaksanakan secara aman, yaitu dengan selalu wajib menerapkan protokol kesehatan pandemi corona.

Oh iya, sebentar dulu, berkaitan juga dengan silaturahmi Idul Fitri ini, sudahkah kita meluangkan waktu barang sebentar untuk silaturahmi ke tetangga terdekat atau tetangga sekitar kita?

Sudahkah kita silaturahmi ke tetangga sebelah, tetangga depan, tetangga belakang rumah, dan tetangga sekitar kita yang lainnya ?

Ya, terkadang di sinilah yang umumnya sering sekali kita malah jadi terlupa, secara sadar maupun tidak sadar, kita justru lalai, kita malah mengabaikan lingkungan sosial sekitar kita, malahnya sedikit lupa untuk menyisihkan waktu barang sebentar untuk silaturahmi Idul Fitri ke tetangga terdekat kita.

Ilustrasi Rumah Tetangga sekitar | Dokumen foto via Umma.id
Ilustrasi Rumah Tetangga sekitar | Dokumen foto via Umma.id

Sering sekali kita malah lebih sering menghabiskan waktu untuk silaturahmi Idul Fitri ke yang jauh-jauh dahulu, tapi justru ke tetangga terdekat kita malah kita jadi enggak ada waktu barang sebentar atau kita justru beralasan kehabisan waktu.

Padahal, meskipun secara langsung kita tidak memiliki hubungan pertalian darah sekalipun kepada para tetangga kita ini, tapi justru tetangga terdekat kita inilah sejatinya yang jadi kerabat terdekat kita yang sebenarnya.

Sebab apa, ini karena tetangga terdekat kitalah sebenarnya yang paling bisa kita mintai tolong bila sekiranya pada saat-saat tertentu kita ada apa-apa atau saat kita butuh bantuan ataupun ketika kita sedang dalam keadaan darurat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN