Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Kelak, Saya Sendiri yang Akan Menjadi Guru Ngaji Anakku

2 Mei 2021   14:02 Diperbarui: 2 Mei 2021   14:06 805 44 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelak, Saya Sendiri yang Akan Menjadi Guru Ngaji Anakku
Ilustrasi mengajari anak mengaji | Dokumen gambar via SDI.Id

Anak saya masih kecil, mencapai usia PAUD ataupun pendidikan sekolah dasar juga belum, tapi kalau soal mengajarkan agama Islam sejak dini.

Mulai dari pengetahuan ibadah, puasa ramadan, hingga pengetahuan moral dan akhlak, maka tentunya saya dan istri sebagai orang tuanya tentu akan selalu menunaikannya.

Yang jelas, kalau sekiranya kelak anak saya sudah dirasa cukup memasuki usia pendidikan, maka pasti saya dan istri akan mengajarinya dengan lebih giat dan tekun.

Seperti tentang; Iman kepada Allah SWT, tentang Rasul, tentang salat, mengaji, dan berbagai hal lainnya tentang agama Islam, moral dan akhlak.

Seperti halnya saya sendiri, ketika dahulu saya mulai banyak diajarkan pengetahuan agama Islam oleh orangtua saya semenjak memasuki usia 7 tahun atau ketika saya mulai masuk Sekolah Dasar.

Pun juga saya dapat pengajaran agama Islam dari guru saya di sekolah, termasuk juga belajar mengaji dari guru ngaji saya.

Tapi orang tua saya tetap juga memberikan pendidikan agama Islam kepada saya dan tetap mengajarkan ibadah kepada saya

Saya pun masih ingat ketika sering diajak ikut papa saya salat di Masjid, dari situ saya mulai belajar bagaimana gerakan salat itu seperti apa dan bagaimana bacaan salat itu.

Begitu halnya mama saya, sering sekali menyuruh mengulang bacaan-bacaan salat dan bacaan-bacaan ngaji saya.

Ya, jelas sekali dalam hal ini, orangtua saya menyadari, meskipun ada guru disekolahan dan ada guru ngaji bagi saya, tapi pendidikan dari orangtua sendiri tetaplah menjadi pondasi utama bagi anak dalam rangka memberikan didikan pengetahuan agama, moral dan akhlak kepada anak.

Seperti itulah juga kelak yang akan saya terapkan kepada anak saya kalau ke depan sudah pas waktunya anak saya memasuki usia pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN