Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#Dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Pentingnya "Power of Relationships" sebagai Jembatan Bisnis

16 November 2020   14:38 Diperbarui: 20 November 2020   11:17 887 42 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya "Power of Relationships" sebagai Jembatan Bisnis
Sumber ilustrasi | Foto oleh fauxels dari Pexels

Kuat dan tidak kuatnya suatu hubungan kemitraan atau power of relationships adalah merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam usaha bisnis.

Hal ini berlaku pada seluruh skala level bisnis, baik itu bisnis yang berada pada level atas, menengah keatas, menengah sedang, menengah kebawah, dan level bisnis kecil-kecilan.

Akan sangat percuma mem-branding citra bisnis Anda namun relationship Anda dengan partner bisnis dan mitra bisnis ataupun klien bisnis, tidak terbangun dengan kuat dan baik.

Apalagi bagi Anda yang sedang menekuni bisnis UMKM, start up, dan yang sejenisnya, yang artinya disini Anda adalah yang terjun sebagai entrepreneur-nya dalam rangka meng-entrepreuneurship terkait citra bisnis Anda.

Oleh karena itu, aktivitas berbisnis Anda amatlah memerlukan relationship yang kuat dari klien, partner dan mitra bisnis, agar kedepannya Anda dapat mengembangkan potensi bisnis Anda.

Sehingga bukan tidak mungkin dengan semakin kuatnya relationship Anda ini, kedepannya Anda dapat merangkul relasi bisnis dan memiliki jaringan konsumen yang lebih luas lagi.

Nah, berkaitan dengan itu, berdasar sedikit pengalaman penulis, berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam rangka menciptakan ataupun membangun relationship atau hubungan yang kuat untuk bisnis Anda.

1. Sering berkomunikasi dengan klien, partner dan mitra bisnis.
Salah satu prinsip dasar yang harus dipahami setiap pemilik bisnis adalah kekuatan komunikasi dalam membangun hubungan.

Sehingga karenanya, Anda harus mencermati, seberapa seringkah frekuensi komunikasi Anda kepada klien, partner bisnis dan mitra bisnis.

Maksudnya di sini, frekuensi komunikasi bisnis Anda jangan hanya dilakukan pada saat Anda sedang butuh berbisnis saja atau pada saat sedang berbisnis saja, tapi perlu juga dikuatkan diluar bisnis.

Seperti misal, silaturahmi dengan menanyakan kabar klien, partner dan mitra bisnis, baik itu via telpon, via virtual, via medsos, via email, via website dan semacamnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN