Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

5 Profesi Aktual yang Bisa Kamu Geluti di Era New Normal

7 Juli 2020   11:35 Diperbarui: 7 Juli 2020   11:45 5322 96 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Profesi Aktual yang Bisa Kamu Geluti di Era New Normal
Ilustrasi gambar Via Csusm.Edu

Dengan semakin trendingnya gelaran Webinar dan Virtual Event di masa pandemi Corona, ternyata juga membuat beberapa profesi yang terlibat di dalamnya jadi turut naik daun.

Begitu juga halnya para pelaksana, penggiat ataupun para pendukung lainnya yang terlibat pada gelaran even ini, yang pastinya juga turut kecipratan rezeki.


Meski beberapa profesi di dalamnya memang ada yang sifatnya temporari atau sesuai keperluan, namun ditengah ketidak pastian karena pandemi ini, setidaknya beberapa profesi terkait, masih aktual dan bisa menjadi solusi bagi penghasilan.

Apalagi bila dihadapkan dengan banyaknya gelombang PHK massal para pekerja, termasuk juga banyaknya para fresh graduate yang masih menganggur, maka tren webinar dan virtual even ini bisa menjadi solusi untuk mendapat ataupun menambah penghasilan dan agar asap dapur masih mengepul.

Karena yang jelas dengan situasi yang tak pasti di tengah pandemi Corona ini atau berlakunya masa transisi, hingga era new normal atau kedepan pandemi bisa berakhir, masih menyebabkan para pencari kerja akan kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Sebab dengan kondisi pandemi ini, tak sedikit pelaku bisnis yang bertumbangan, bahkan yang bisa bertahan sekalipun akan sangat hitung-hitungan soal untung dan ruginya dalam menerima para pencari kerja.

Oleh karenanya berkaitan dengan trendingnya webinar dan virtual event ini beserta berbagai profesi yang terlibat didalamnya menjadi peluang dan kesempatan emas, maka beberapa profesi yang ingin penulis share ini agar dapatnya janganlah sampai dilewatkan begitu saja oleh para pencari kerja.

Nah, beberapa profesi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Penggiat/pekerja Virtual Event Organizer.

Ya, seperti yang diketahui, pandemi menghancurkan para penggiat event organizer, pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB membuat tertunda, batal dan dilarangnya berbagai even yang kebanyakan mengumpulkan kerumunan massa, karena berisiko jadi cluster Corona.

Banyak para EO yang hancur karena harus mengembalikan dana operasional, dana sponsor, nombokin honor para pekerjanya, hingga tak lagi bisa dapat penghasilan karena tak ada even.

Nah, seiring trendingnya berbagai gelaran webinar dan virtual even ini, turut juga membuat para penggiat ataupun pekerja EO bertransformasi menjadi Virtual Event Organizer, meskipun para penggiat yang terlibat di dalamnya tidak terlalu perlu mengerahkan banyak SDM, tapi setidaknya hal ini bisa membuat para EO bisa ada napas untuk bertahan dan hidup kembali.

Oleh karenanya dihadapkan dengan kondisi yang masih tidak pasti ini, maka berbagai profesi penggiat Virtual EO ini bisa jadi solusi dan alternatif, dan ini merupakan kesempatan emas, jadi jangan ragu mengambil keputusan untuk terjun menggeluti dunia per-EO-an virtual ini.

2. Profesi Virtual Moderator.

Dengan semakin trendingnya gelaran webinar, maka moderator yang sempat mati suri karena minimnya gelaran acara seminar, diskusi, sarasehan dan semacamnya yang digelar secara tatap muka, pada akhirnya bisa hidup kembali.

Bahkan profesi moderator yang bertransformasi jadi Virtual Moderator ini semakin naik daun, karena semakin diperlukan atau dibutuhkan, apalagi masih terbilang jarang yang menggeluti profesi ini, sehingga ini juga merupakan kesempatan emas juga, peluang jadi moderator terbuka lebar, jadi jangan ragu untuk menggeluti profesi ini.

Nah, mengenai tipsnya boleh di simak di artikel ini:

5 Tips yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Menjadi Moderator

3. Profesi Virtual Master of Ceremony dan Podcasters.

Nah dua profesi yang tak jauh beda dalam performanya ini juga turut naik daun seiring trendingnya virtual event, para Master Of Ceremony (MC) yang sempat sepi job karena pandemi ini bisa bernapas lagi, dan bisa dapat penghasilan rupiah lagi.

Begitu juga halnya bagi para Podcasters yang cara performnya tidak jauh beda dengan penyiar ataupun ancour, semakin dilirik dan kian tenar, apa lagi podcasters ini merupakan profesi pendatang baru yang tak terlalu terdampak dengan corona, sehingga kondisi pandemi ini semakin membuat podcasters jafi berbayar ataupun bisa dibayar mahal.

Nah, mengenai tipsnya tentang MC dan Podcasters kurang lebihnya bisa juga di lihat pada artikel ini:

Pemula Jadi MC, Ini Tips Mudahnya

Penyiar Pemula, Ini Tips Langsung Lancar Siaran Radio

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN