Bagi karyawan, terkadang karena alasan tertentu ada kalanya harus pindah kerja di tempat yang baru, baik itu karena alasan dipindahkan atau dirotasi oleh kantor ataupun bisa juga karena resign dari kantor.
Pada umumnya memang merupakan hal yang wajar berlaku dan biasa terjadi bila karyawan terkadang harus berpindah-pindah kerja dari satu kantor ke kantor yang lainnya.
Dan pastinya dalam rangka berpindah tempat kerja ini, karena sudah pernah memiliki pengalaman bekerja di tempat yang sebelumnya tentunya bisa menjadi kemudahan tersendiri.
Atau dapat menjadi referensi bila di tempatkan pada lingkungan kerja yang baru, atau juga bisa menjadi referensi bagi diri sendiri atau tempat kerja yang dituju bila ingin melamar jadi karyawan di tempat kerja yang baru
Bagi yang baru melamar kerja di tempat yang baru, maka umumnya yang berlaku, karena ada rekomendasi pengalaman kerja yang bisa diandalkan ini akhirnya membuat seseorang dapat diterima sebagai karyawan di tempat kerja yang baru.
Kalau bagi karyawan yang baru dipindahkan atau dirotasi, maka pengalaman kerja di tempat sebelumnya bisa menjadi ukuran atau parameter perbandingan, terkait mana yang bisa disesuaikan di tempat kerja yang baru.
Jadi maksudnya dalam hal ini adalah, ketika sudah dapat diterima atau di tempatkan pada tempat kerja yang baru, maka karyawan hanya tinggal bagaimana dapat menyesuaikan diri atau beradaptasi sesuai selera ataupun sistem yang dijalankan di tempat kerja yang baru tersebut.
Namun kadangkala, meski pernah punya pengalaman kerja di tempat yang sebelumnya, seringkali terjadi ketika sudah bekerja di tempat yang baru tersebut, karyawan justru sulit beradaptasi dan sulit meninggalkan kebiasaan lamanya justru karena pengalaman kerjanya tersebut.
Banyak yang terjadi adalah karyawan kurang dapat menyesuaikan sistem, selera, segmen maupun program dan kebijakan yang dijalankan di tempat kerja yang baru dan masih terbawa pada bayang-bayang kebiasaan lamanya di tempat kerja yang sebelumnya.
Hal inilah yang kerap menjadi momok bagi karyawan ketika sudah bekerja di tempat yang baru, tapi karyawan gagal move on dengan kebiasaan lamanya, atau yang lebih parah lagi karyawan justru gagal beradaptasi dan pada akhirnya bisa berakibat dikeluarkannya karyawan dari tempat kerja.
Lalu bagaimana kiranya agar kerja di tempat yang baru, baik itu karena alasan dipindahkan, dirotasi ataupun karena baru diterima kerja, tapi bisa segera beradaptasi dan dapat meninggalkan kebiasaan yang lama?