Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Artikel Utama

Hati-hati, Instalasi Listrik Tua Jangan Sembarangan Ditambah Daya, Kenapa?

22 Mei 2020   20:25 Diperbarui: 24 Mei 2020   16:33 798 43 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hati-hati, Instalasi Listrik Tua Jangan Sembarangan Ditambah Daya, Kenapa?
Petugas PLN melakukan pengecekan instalasi jaringan listrik di permukiman padat penduduk kawasan Tambora, Jakarta, Kamis (22/8/2019). Kegiatan pemeriksaan instalasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian PLN dalam mengajak warga untuk memperhatikan instalasi kelistrikan yang aman. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Sudah berapa lama usia instalasi listrik di rumah Anda? Apakah sudah memasuki masa pakai 10 tahun, 15 tahun, 25 tahun atau mungkin 30 tahun, atau bahkan mungkin sudah di atas 30 tahun lebih?

Lalu, pernahkah Anda menambah daya instalasi listrik rumah, menambah peralatan listrik rumah tangga, dan aktivitas instalasi listrik lainnya. Kalau pernah apakah sudah memperhatikan dengan seksama, sudah seberapa lama usia atau masa pakai instalasi listrik rumah Anda tersebut?

Nah, sebelum menaikan daya instalasi listrik rumah, maka mengenai usia pakai instalasi listrik rumah ini memang sangatlah perlu dan amat penting sekali di perhatikan.

Sebab memang banyak terjadi kita seringkali terlupa,  memaksakan keinginan kita untuk menaikan daya listrik atau menambah beban penggunaan daya listrik tapi tidak memperhitungkan sudah seberapa lama masa pakai atau usia instalasi listrik rumah kita tersebut.

Apalagi seringkali juga ada saja yang memaksakan kehendak menambah daya listrik tapi dengan cara yang tidak etis yaitu "spanyol" atau separo nyolong dan cara-cara ilegal yang tidak dibenarkan lainnya.


Kenapa masa pakai atau usia instalasi listrik menjadi penting untuk diperhatikan dan diperhitungkan?

Karena bila instalasi listrik rumah kita itu sudah sangat tua, apalagi sudah mencapai usia pakai 30 tahun atau lebih, lalu kita memaksakan untuk menambah daya dan menambah beban penggunaan, maka bisa berakibat fatal, yaitu terjadi korsleting arus listrik dan dapat menyebabkan kebakaran.

Ya, pengalaman pahit pernah penulis alami ketika rumah orangtua penulis harus rata dengan tanah akibat musibah kebakaran hebat tahun 2013 yang silam, inilah juga yang melatar belakangi penulis kenapa ingin berbagi melalui artikel ini.

Ceritanya begini, saat itu rumah orangtua penulis ingin ditambah daya listriknya, sebab saat itu kapasitas listrik hanya sekitar 900 watt, karena semakin banyak peralatan listrik yang digunakan di rumah, maka daya 900 watt ini ternyata tidak mampu memenuhi asupan pemakaian listrik, sehingga ditambahlah daya listrik itu hingga sekitar 2.200 watt.

Nah, sayangnya saat itu kami bertindak ceroboh, mengabaikan usia pakai instalasi listrik rumah, padahal usia pakai instalasi listrik rumah ini tidak pernah diganti semenjak rumah ditempati pertama kali oleh orangtua sejak 1977 yang silam, yang artinya usia instalasi listrik di rumah orangtua penulis sebelum kebakaran tahun 2013 terjadi, sudah mencapai usia pakai 36 tahun lebih.

Rumah orangtua penulis dan beberapa rumah kerabat saat kebakaran pada tahun 2013 | Dokumen Pribadi Sigit Eka Pribadi
Rumah orangtua penulis dan beberapa rumah kerabat saat kebakaran pada tahun 2013 | Dokumen Pribadi Sigit Eka Pribadi
Jadi, bisa dibayangkan seberapa usang dan tidak layaknya instalasi listrik rumah ini untuk ditambah daya, bahkan mirisnya lagi ditambah sampai 2.200 watt, andai kata saat itu kami tidak ceroboh dengan mengabaikan hal ini, mungkin musibah kebakaran ini tidak terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN