Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Administrasi - #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Dulu membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pandemi Covid 19, Ketika Curiga Itu Menjadi Perlu

14 Maret 2020   16:28 Diperbarui: 17 Maret 2020   16:46 216 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pandemi Covid 19, Ketika Curiga Itu Menjadi Perlu
amsterdamnews.com

Dari Wuhan, China hingga lintas dunia, dan pada akhirnya Covid 19 atau virus Corona telah dinyatakan sebagai Pandemi, dan ini artinya bahaya besar telah mengancam masyarakat dunia dan tentunya juga masyarakat Indonesia.

Secara resmi WHO telah menyatakan bahwa Covid 19 sebagai pandemi global dan juga mendorong tiap negara untuk melakukan langkah yang diperlukan guna menghadapi pandemi Covid 19 dan menghentikan penyebarannya.

Covid 19 telah menyebar di sekitar 124 negara, fenomena gunung es Covid 19 telah terbukti secara nyata, karena tetiba muncul begitu saja ketika dunia harus menerima pahitnya realita nyata Covid 19 menjangkiti ratusan ribu orang di dunia dan bahkan telah menghilangkan ribuan nyawa orang diberbagai dunia.

Korea, Italia, Iran dan Amerika, menjadi bukti sahih ketika penderita Covid 19 tetiba fenomena gunung es itu muncul dengan seketika, Covid 19 ternyata sudah menjangkiti ribuan orang di negara tersebut, dan tentunya ini menjadi sinyal peringatan keras bahwa Covid 19 sudah sangat begitu berbahaya.

Fakta telah membuktikan, betapa begitu tinggi dan cepatnya risiko proses penularan Covid 19 dari orang ke orang. Karena tetiba saja tanpa disadari dan disangka, ternyata Covid 19 sudah ada dalam tubuh. Dan yang jelas, dari hal ini, Covid 19 bagaikan sudah sedekat urat leher orang. Dunia akhirnya mencanangkan perang pada Covid 19 ini.

Dan akhirnya berbagai langkah protokol dalam rangka mencegah dan mengatasi Covid 19 seperti isolasi, karantina, lockdown dan lain sebagainya telah diterapkan di berbagai negara.

Begitu juga dengan pemerintah Indonesia, meskipun sempat dianggap sedikit terlambat dan sempat mendapat sorotan karena terkesan menutup-nutupi hal-hal terkait Covid 19, namun langkah dan upaya pemerintah patut diapresiasi.

Yang jelas dalam hal ini sebenarnya pemerintah bukannya terkesan lamban atau menutupi terkait Covid 19, tapi memang perlu suatu kehati-hatian dan mendalam, untuk merilis informasi publik mengenai perkembangan Covid 19 di Indonesia.

Pemerintah pasti memiliki pertimbangan yang mendasar, apalagi dihadapkan dengan aset 260 juta jiwa penduduk dan luasnya wilayah, memang bukan perkara mudah merilis hal-hal terkait Covid 19.

Sedari awal semenjak Covid 19 ini mulai menyebar lintas dunia, pemerintah sudah mewaspadai resiko penyebaran, dan menyadari secara penuh bahwa dihadapkan dengan kondisi geografis wilayah kepulauan,  memang resiko Indonesia terpapar Covid 19 sangat tinggi.

Dan yang pasti, masyarakat Indonesia telah melihat tindakan nyata dan upaya keras pemerintah dalam rangka mengatasi keadaan darurat Covid 19 yang sudah menjadi Pandemi diberbagai dunia dan tentu dalam hal ini pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Kesadaran yang tinggi dari masyarakat amatlah diperlukan untuk membantu pemerintah mengatasi Covid 19 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan