Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

Jadikan pekerjaan itu seni&hobi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Semangat Literasi "Hutan" di Beranda Depan NKRI

18 Juli 2019   09:10 Diperbarui: 18 Juli 2019   09:21 0 4 2 Mohon Tunggu...
Semangat Literasi "Hutan" di Beranda Depan NKRI
Semangat literasi di beranda depan negara | Dok bobo.grid.id

Semangat literasi di beranda depan negara menjadi harapan anak-anak dan warga negeri ini yang meniti hidupnya di wilayah-wilayah perbatasan negara.

Berbagai taman baca telah banyak berdiri  menjadi pelita aksara harapan mencerdaskan bangsa di wilayah terdepan RI seperti di Kaltara, Kalbar, Timor dan Papua yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia, Papua Nugini dan Republik Demokratik Timor Leste.

Taman baca diwilayah perbatasan negara tersebut banyak diprakarsai oleh para Satgas Pamtas dari TNI yang melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI di pos perbatasan.

Upaya mencerdaskan bangsa yang patut mendapat apresiasi yang tinggi dan dukungan seluruh bangsa ini, wujud nyata peran para Satgas Pamtas selain bertugas menjaga kedaulatan negara namun juga perduli dengan semangat literasi.

Semangat literasi di beranda depan negara | Dok Timorline.com
Semangat literasi di beranda depan negara | Dok Timorline.com
Perlu di ketahui, kondisi geografis di berbagai wilayah perbatasan negara RI, masih didominasi oleh hutan belantara, dengan kondisi ini tak pelak para warga dan anak-anak bangsa yang berdiam di wilayah perbatasan masih banyak tertinggal dalam hal pendidikan dan pengetahuan.

Istilahnya semangat literasi dibelantara hutan ini menjadi perwujudan mimpi yang menjadi nyata dan menumbuhkan harapan untuk memperoleh pengetahuan ataupun pendidikan.

Semangatlah terus anak-anak dan warga diberanda depan negara, terus maju raih harapan, kepakkan sayap garudamu dan terbang setinggi-tingginya selalu kobarkan jiwa merah putih didadamu.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Sigit.

VIDEO PILIHAN