Mohon tunggu...
Sigit Eka Pribadi
Sigit Eka Pribadi Mohon Tunggu... #Jadikan pekerjaan itu seni dan hobi#Email: vicksigit@gmail.com#ASN yang dulu sempat membidangi Humas dan Media#Sekarang Membidangi Seni dan Hiburan#

#Menulis sesuai suara hati,kadang sangat kritis,tapi humanis,berdasar fakta dan realita#Kebebasan berpendapat dijamin Konstitusi#Jangan pernah membungkam#

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Buah Ketulusan Babinsa Barabai, Petani di Desa Jadi Semangat

30 Juni 2019   21:11 Diperbarui: 10 Juli 2019   05:52 90 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buah Ketulusan Babinsa Barabai, Petani di Desa Jadi Semangat
Sertu Ibnu Babinsa Kodim Barabai terjun langsung dampingi poktan desa binaan | Dokpri

Barabai Kalsel, Pendampingan terus dilakukan oleh para Babinsa kepada petani secara intens dan berkesinambungan di wilayah binaan. Sabtu 29 Juni 2019.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sertu Ibnu Darmawan anggota Koramil 1002-08/Kasarangan Kodim Barabai yang mempunyai wilayah binaan di desa Tungkup Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Kepeduliannya dengan terjun langsung mendampingi warga kelompok tani layak diapresiasi

Pada kesempatan itu Sertu Ibnu membantu saudara Hairi dari warga kelompok tani Galuh Manginang mencabut bibit padi jenis Ciherang. Bibit padi ini rencananya akan ditanam di lahan seluas 1,5Ha miliknya  dalam rangka tanam kedua,ujar Hairi.

Diakui Hairi, dengan selalu didampingi oleh Bapak-Bapak Babinsa TNI ini, para kelompok tani menjadi sangat terbantu dan percaya diri, kemudian kami juga mendapatkan edukasi yang bermanfaat dan saling berbagi ilmu dalam menerapkan pertanian yang layak.

Selain itu juga dulu saat kami panen kami selalu menjualnya ke tengkulak dengan harga yang jauh dibawah standar, namun kini setelah kami mendapatkan pengarahan dari bapak Babinsa ini, kami jadi mengetahui dan mengerti tata cara penjualan ke Bulog yang memberikan harga yang sesuai pasaran sehingga seluruh jerih payah yang sudah kami lakukan ini begitu merasa sangat dihargai.

Oleh karena itu, kami semua para warga kelompok tani didesa jadi lebih termotivasi dan semangat untuk terus berusaha mengelola lahan pertanian yang kami miliki sekarang ini, sehingga kami merasa sangat senang dan bangga bahwa kami para petani ternyata masih sangat menjadi andalan bagi pemerintah dan negara ini. "Ungkap Hairi.

Sertu Ibnu Babinsa Kodim Barabai terjun langsung dampingi poktan desa binaan | Dokpri
Sertu Ibnu Babinsa Kodim Barabai terjun langsung dampingi poktan desa binaan | Dokpri
Sementara itu Sertu Ibnu Darmawan menyampaikan bahwa kegiatannya ini sebagai upaya menggalakkan ketahanan pangan guna menyukseskan swasembada pangan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program pendampingan para Babinsa kepada petani di wilayah binaan, Pendampingan dilakukan mulai dari penyiapan lahan, Bibit,  Tanam Bibit Padi,  Perawatan tanaman hingga panen.

Masih menurut Ibnu,  kami terus mendampingi para petani setelah mereka panen dalam program yang dicanangkan pemerintah yaitu Sergab (Serapan Gabah),  dirinya juga turut membantu distribusi penjualan dan diharapkan hasil panen (Gabah) para petani dapat di jual ke Bulog dengan ketentuan kadar air gabah kering yaitu 14%, sehingga para petani tidak selalu dirugikan oleh para tengkulak yang sering kali memainkan harga gabah kering."Tegasnya.

Dedikasi,peran dan loyalitas Babinsa diberbagai pelosok negeri, sampai saat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat. Kehadirannya bukan sekedar penghias semata, namun terwujud nyata dalam setiap tugasnya, tak mengherankan mengapa para Babinsa ini selalu dirindukan masyarakat.

Berbagai komentar baik dan positif yang terucap dari berbagai kalangan masyarakat bukan hanya sekedar ungkapan kata saja, namun memang benar adanya bahwa para Babinsa di pelosok negeri Nusantara selalu hadir untuk kembali kepada ibu kandungnya TNI yaitu Rakyat. Babinsa teruslah berbuat yang terbaik untuk Indonesia.

( Rilis : Dim1002/Brb).

Sigit.

VIDEO PILIHAN