Mohon tunggu...
Siek Immanuel Steven KG
Siek Immanuel Steven KG Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengerjaan Industri oleh Robot Digital

16 Februari 2021   10:37 Diperbarui: 16 Februari 2021   11:54 147 1 0 Mohon Tunggu...

Di era industri 4.0 ini, semua pekerjaan dituntut dilakukan secara lebih cepat dan efisien dengan tetap mempertimbangkan hasil akhir yang berkualitas.  Maka dari itu, semua orang berlomba-lomba mencari cara agar pekerjaan dapat lebih cepat dan efisien hingga terbentuklah sistem kerja digital yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet masa kini. Kemajuan teknologi dan internet itu sendiri tergambar pada terciptanya robot yang sekarang sudah dapat menggantikan pekerjaan manusia agar lebih cepat dan efisien serta lebih menghemat biaya produksi.

Penggunaan robot dalam bidang industri sendiri menimbulkan berbagai tanggapan dari berbagai kalangan. Hal tersebut sangat wajar dan tidak bisa dihindarkan karena kemajuan teknologi ini menjadi sebuah berkat sekaligus bencana bagi kehidupan manusia. Mempermudah pekerjaan, mempercepat proses produksi, hingga menghemat biaya produksi merupakan beberapa dampak positif dari adanya robot dalam bidang industri. Di sisi lain, banyak tenaga manusia yang mulai tidak memiliki pekerjaan karena tergantikan perannya oleh robot yang memiliki kelebihan seperti yang telah disebut dibandingkan harus menggunakan tenaga manusia. Selain itu, Elon Musk selaku pendiri Tesla dan SpaceX, juga pernah memperingatkan bahwa Artificial Intelligence dapat membawa ancaman apabila tidak digunakan dengan tepat. Menurut Malcom Frank (2017), pernah berkata bahwa penggunaan Artificial Intelligence perlu pengawasan yang cukup disertai peraturan jelas dari pemerintah yang disepakati bersama perusahaan.

Hal yang ditakutkan dari kemajuan teknologi dan keberadaan robot, yaitu berkurangnya lapangan pekerjaan akibat digantikannya tenaga manusia oleh robot, bukan merupakan mitos belaka. Masa depan sudah terjadi saat ini, dimana robot sudah mulai mengambil alih pekerjaan manusia seperti yang terjadi di Pelabuhan New Priok yang dikelola oleh PT. Pelindo II. Pelabuhan tersebut difungsikan sebagai pelabuhan digital yang seluruh operatornya sudah menggunakan robot canggih. Terminal 2 dan 3 Pelabuhan New Priok akan dioperasikan secara fully automation dimana sama sekali tidak ada orang yang bertugas (David Sirait, 2017). Selain Pelabuhan New Priok, pengelola tol di Indonesia juga sudah mulai menerapkan sistem digital dalam pekerjaannya. Pembayaran di tol kini sudah menggunakan mesin non-tunai sehingga banyak tenaga manusia yang sudah tidak diperlukan untuk berjaga di gerbang tol.

Selain apa yang telah terjadi di Pelabuhan New Priok dan jalan tol, beberapa pekerjaan lain juga terancam digantikan oleh robot atau mesin beberapa tahun ke depan. Menurut survei yang dilakukan oleh CNBC, terdapat 3 pekerjaan yang terancam tergantikan oleh robot karena pekerjaannya yang monoton. Yang pertama adalah pekerjaan analis keuangan dimana robot dapat diprogram untuk menemukan pola dan melakukan perdagangan lebih cepat dari manusia. Kemudian, mulai bermunculannya mobil tanpa awak atau auto-pilot car akan mengancam tergantikannya manusia yang berprofesi sebagai sopir oleh robot. Dan yang terakhir adalah pekerjaan costumer service yang terancam tergantikan oleh bot chat atau robot penjawab telepon otomatis yang sudah terprogram untuk menjawab keluhan costumer dan memberi saran kepada costumer.

Saat ini dunia sudah masuk ke era serba digital dimana hampir semua pekerjaan kini dilakukan secara digital agar lebih cepat dan efisien. Tidak hanya memberi dampak positif, ternyata kemajuan teknologi juga memberi dampak negatif bagi kehidupan manusia. Pekerjaan manusia dapat dilakukan lebih cepat dan efisien serta menghemat biaya produksi namun juga mengurangi lapangan pekerjaan bagi manusia itu sendiri. Bahkan dikatakan bahwa kepandaian buatan seperti robot dapat membawa ancaman bagi manusia apabila digunakan secara tidak tepat. Gambaran mengenai masa depan yang berbagai pekerjaan dilakukan oleh robot tidak terasa juga sudah terjadi sekarang ini. Pelabuhan New Priok dan proses pembayaran di jalan tol menjadi contoh nyata yang ada di dekat kita. Selain itu, juga banyak berbagai pekerjaan lain yang terancam akan tergantikan oleh robot beberapa tahun ke depan. Untuk menghadapi perubahan ini, kita perlu membekali diri dengan ilmu dan pengalaman yang cukup. Pandangan yang luas dan maju ke depan juga diperlukan agar kita tidak tereliminasi atau tertinggal oleh perkembangan zaman yang ada sekarang ini.

Daftar pustaka :

Rahayu, Yayu Agustini. (2017, November 4). Perkembangan Era Digital, Kehadiran Robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia.  

019, Oktober 11). 7 Pekerjaan Ini Bakal Digantikan Robot. Diakses pada Januari 25, 2021

VIDEO PILIHAN