Mohon tunggu...
Shyntia Ramadhani
Shyntia Ramadhani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

𝑫𝒐𝒏'𝒕 𝒔𝒕𝒐𝒑 π’˜π’‰π’†π’ π’šπ’π’– 𝒂𝒓𝒆 π’•π’Šπ’“π’†π’…. 𝑺𝒕𝒐𝒑 π’˜π’‰π’†π’ π’šπ’π’– 𝒂𝒓𝒆 𝒅𝒐𝒏𝒆!πŸ¦‹

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Festival Kuliner Banyumas 2022 sebagai Wadah Mengenalkan Produk

13 September 2022   23:30 Diperbarui: 13 September 2022   23:35 160 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber : Dokumen Pribadi

Purwokerto - Festival Kuliner Banyumas yang termasuk event kuliner terbesar di Banyumas kembali digelar. Sama seperti festival sebelumnya festival yang ke-7 ini digelar di GOR Satria Purwokerto, yang terletak di Jl. Prof. Dr. Suharso No. 8, Mangunjaya, Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas.

Festival Kuliner Banyumas 2022 resmi dibuka pada Jumat, 2 September 2022. Event ini berlangsung selama 3 hari dari hari Jumat-Minggu, 2-4 September 2022 dibuka dari jam 09.00 pagi sampai 21.00 malam. Event ini diikuti oleh 97 stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjual berbagai macam kuliner seperti berbagai aneka jajanan, makanan tradisional, olahan seafood, tidak ketinggalan makanan dan minuman yang viral pun ada. Alur pendaftaran sebagai penjual di event tersebut yaitu dengan mendaftarkan diri sebagai peserta terlebih dahulu kepada panitia mengenai kuliner yang akan diikutsertakan dalam festival.

Walaupun ini festival kuliner tapi ada juga peserta yang menjual non kuliner, dengan tujuan untuk sama-sama memeriahkan acara. Bagi pengunjung juga tidak usah khawatir terganggu dengan adanya non kuliner karena stand keduanya terpisah. Jika pengunjung sudah berbelanja ke stand kuliner bisa melanjutkan perjalanan di festival dengan memasuki area non kuliner.

Festival ini sangat cocok sebagai ajang atau wadah bagi penjual untuk mengenalkan produk ke pembeli, karena acara yang digelar oleh EO S'ana S'ini Kreatif bertujuan untuk mengenalkan produk dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas. Menurut Noer Muhammad Ifianto selaku Ketua Festival Kuliner Banyumas 2022 mengatakan diadakannya festival ini yaitu untuk meningkatkan kuliner di Kabupaten Banyumas.

"Tujuannya yaitu untuk memperkenalkan produk yang ada di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya,"ungkapnya.

Selain itu, acara seperti ini terkhusus dalam bidang kuliner sangat membantu pemerintah dalam memulihkan perekonomian setelah masa pandemi karena selama masa pandemi banyak para pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan bahkan ada yang sampai gulung tikar. Walaupun kenyataannya pemerintah sudah berusaha untuk terus meningkat perekonomian melalui kebijakannya sendiri. Namun festival kuliner sendiri memiliki pengaruh yang signifikan.

Sumber : Facebook.com/Heru Setiaji
Sumber : Facebook.com/Heru Setiaji
Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baru juga dapat terbantu dalam hal promosi karena mereka dapat melakukan promosi langsung kepada pengunjung tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan usaha. Dan bagi para pelaku usaha yang sudah berjalan lama pun mereka dapat memperluas pangsa pasarnya. Jadi dapat diketahui dengan adanya festival kuliner dapat membantu meningkatkan usaha baik usaha lama ataupun baru. Di event ini juga dapat menjadi tempat untuk saling memberikan motivasi antar para penjual dan juga para pengunjung, karena keduanya dapat betukar pikiran. Selain bertukar pikiran antar penjual dengan pembeli, diharapkan juga penjual dengan sesama penjual juga bisa saling memotivasi dan saling berkreasi.

Pelaksanaan Festival Kuliner Banyumas setiap tahunnya ada peningkatan jumlah peserta sebanyak 20 persen. Sehingga dapat dipastikan jumlah UMKM setiap tahunnya meningkat, yang tentunya pasti membutuhkan tempat mempromosikan usahanya sehingga event festival kuliner sangatlah cocok. Acara ini juga dapat menjadi ajang saling menyemangati antara pedagang dan pengunjung.

Sumber : Facebook.com/Yulianti Marlia
Sumber : Facebook.com/Yulianti Marlia

Mengenai festival kuliner yang sudah berlangsung itu, tidak lupa harus ada ikon atau tokoh yang menjadi ciri khas acara. Dan dalam festival kuliner banyumas 2022 tokoh yang menjadi khas acara ini yaitu Pak Blangkon, dimana pak blangkon sendiri merupakan tokoh banyumasan dengan ciri khas pakaian batik dan juga blangkon dikepalanya. Dikarenakan festival kuliner diadakan setiap tahun maka setiap tahunnya harus ada yang berbeda. Baik dari ikon ataupun tokoh dan juga konsep hal itu sebagai cara untuk menarik pengunjung agar selalu datang ke festival ini.


Untuk pengunjung yang ingin masuk ke area stand kuliner cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.000 rupiah di loket. Setelah itu pengunjung dapat masuk dan mengunjungi stand-stand kuliner yang ada didalamnya. Dalam acara tersebut selain menikmati aneka kuliner pengunjung juga bisa menikmati hiburan musik, fun games, seni tari dan budaya, akustik, hingga lomba menyanyi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan