Mohon tunggu...
SH Tobing
SH Tobing Mohon Tunggu... Berbagi Untuk Semua | shtobing@gmail.com | www.hallothere.net

Ingin berbagi pengalaman dan pemikiran serta terus membaca untuk memperkaya wawasan. Kompasiana menjadi tempat yang ideal untuk berbagi pengalaman dan ide selama saya diberi kesempatan berkarya di dunia | Have a nice day! | https://www.hallothere.net/kesehatan-dan-hobby-health/mengajar-itu-asyik/

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Belum Semua Mau Berubah Melayani Rakyat dengan Segenap Hati

19 Agustus 2020   15:40 Diperbarui: 19 Agustus 2020   15:52 80 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belum Semua Mau Berubah Melayani Rakyat dengan Segenap Hati
tangkapan layar

Setiap orang yang digaji dari pendapatan pajak, seharusnya bekerja dan melayani rakyat dengan sebaik mungkin. Kalau masih ada yang bertanya mengapa, jawabannya sangat jelas, bahkan anak kecil yang sudah bisa membaca pasti tahu: Karena pajak dibayar oleh rakyat!

Jadi kalau masih ada yang melayani dengan setengah hati, sementara dia adalah pekerja, karyawan, tentara, polisi, guru, dokter dan sebagainya yang digaji dari pendapatan pajak, maka sudah sepantasnya orang itu disebut tidak tahu diri! Apalagi segala fasilitas dan kenyamanan yang dia nikmati juga dari pajak.

Selalu Mencari Cara Supaya Mudah

Salah satu bentuk pelayanan yang "melayani dengan hati" kepada rakyat adalah, selalu berpikir untuk membuat pelayanan semakin mudah dan bersahabat. 

Contohnya hari ini saya membayar pajak kendaraan (perpanjang STNK), dan dari tahun ke tahun saya sudah merasakan peningkatan pelayanan dan kemudahannya. Petugasnya juga semakin bersahabat.

Saya rasakan sendiri, dari yang dulunya harus berdesak-desakan di kantor Samsat, sehingga kita sering menggunakan bantuan biro jasa. Selanjutnya ada di mall/pusat perbelanjaan yang sejuk, dan terakhir membayar via aplikasi, sehingga kita tidak perlu membawa uang yang bisa tercecer.

Pembayaran via aplikasi semakin diperluas sehingga kita semakin mudah melakukannya. Selain itu ketika kita membawa dokumen ke counter, proses pemeriksaan yang bayar online lebih cepat dari yang lainnya. Dan dalam waktu tidak lebih dari 30 menit saya sudah menerima bukti bayar pajak kendaraan, lengkap dengan stnk yang sudah di stempel.

Informasi Yang Jelas dan Bersahabat

Saya rasakan tahun lalu ketika saya ingin membuat paspor baru (memerpanjang). Pengambilan nomor urutan sangat mudah, walau harus sabar karena membludaknya pendaftar, sehingga saya memperoleh jadwal 3 minggu ke depan.

Petugasnya sangat helpfull sehingga jelas apa yang harus kita lengkapi. Bahkan menyediakan kemudahan pengiriman paspor yang sudah jadi, tidak perlu diambil sendiri.

Walaupun menunggu berjam-jam, namun karena semua sudah jelas dari awalnya, maka tidak ada lagi penumpukan aplicant.

Upaya Melayani dan Keinginan Melindungi

Di tengah pandemi Corona, Covid19 ini, yang saya rasakan pelayanan yang melindungi adalah ketika istri saya memperpanjang SIM. Walaupun kendaraan keliling terbatas pelayanannya, ternyata perpanjangan SIM di polres Depok berjalan dengan baik dan cepat.

Istri saya melihat sendiri betapa sigapnya pihak polres Depok, mereka berusaha menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Dan membarikan informasi leadtime pelayanan, sehingga orang tidak perlu menunggu di lokasi tersebut berjam-jam, karena bisa pergi dan kembali lagi ketika gilirannya sudah tiba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN