Mohon tunggu...
Marsyahchoi
Marsyahchoi Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

selamat datang!!!

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Cerita Perjalanan Wisata Kota Tua Festival #Inijakarta

19 September 2022   16:58 Diperbarui: 19 September 2022   17:08 372 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada 18 september 2022, saya dan teman-teman saya melakukan perjalanan wisata ke Kota tua. Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. 

Saya awalnya tidak berniat untuk pergi ke kota tua tapi saya diajak oleh teman saya yang bernama arjuna. Akhirnya saya memutuskan untuk berangkat karena tertarik dengan atraksi-atraksi yang disuguhkan disana, saya mengajak pipit teman sedari SD saya. 

Kami berangkat menggunakan kereta api yang menuju ke stasiun Jakarta kota, perjalanan kurang lebih menempuh selama 1 jam 50 menit. Saya berangkat dengan sahabat saya sedari SD yang bernama Pipit. Perjalanan menuju stasiun kota membutuhkan 2 kali transit dari stasiun jurangmangu ke stasiun tanah abang lalu ke stasiun manggarai dan mencari kereta tujuan Jakarta Kota. 

Kami menghadiri festival yang bertajuk festival inijakarta. Festival bertajuk "Raya Rasa Kota Kita" dihadirkan untuk mengajak warga Jakarta merayakan dan merasakan pengalaman baru di Kota Tua. Pintu acara dibuka sekitar jam 14.30 WIB dan ditutup pukul 19.30. Kami berangkat pukul 1 siang dan sampai di Kota tua jam 3 sore. 

Perjalanan menggunakan kereta di hari Minggu cukup padat dan sehingga kami tidak mendapatkan tempat duduk. Perjalanan yang cukup panjang sehingga kita merasa capek dan haus dan mampir di booth esteh indonesia untuk membeli minuman.

Transportasi menuju kota tua juga sangat mudah di akses Kendaraan umum yang tersedia untuk menuju Kota Tua Jakarta Barat adalah dengan kereta commuter dan TransJakarta.Kendaraan umum yang tersedia untuk menuju Kota Tua Jakarta Barat adalah dengan kereta commuter dan TransJakarta. Selain itu kita juga disuguhkan pemandangan yang indah disana.  

Fun Fact tentang kota tua Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah terletak di pusat kawasan Kota Tua. Bangunan itu merupakan bekas Balai Kota Batavia yang didirikan pada 1707. 

Museum Seni Rupa dan Keramik terletak di sebelah timur Museum Fatahillah. Museum tersebut memiliki delapan tiang besar sebagai penyangganya. Gedung museum dibangun pada tahun 1870, awalnya bernama Ordinaris Raad van Justitie Binnen Het Kasteel Batavia yang merupakan Kantor Dewan Kehakiman Kolonial Belanda. 

Terdapat juga  Museum Wayang yang terletak di sebelah barat dari Museum Fatahillah. Bangunan ini awalnya adalah Gereja Lama Belanda atau De Oude Hollandsche Kerk yang didirikan pada 1640. 

Museum Bank Mandiri terletak di depan halte busway Stasiun Kota. Awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau Factorij Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda. Gedung dibangun tahun 1929. Museum Bank Indonesia terletak tepat di sebelah utara Museum Bank Mandiri. Dulunya merupakan Gedung De Javasche Bank, bangunan ini pertama dibangun tahun 1828.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan