Mohon tunggu...
Sholehudin Abdul Aziz
Sholehudin Abdul Aziz Mohon Tunggu... Seorang yang ingin selalu bahagia dengan hal hal kecil dan ingin menjadi pribadi yang bermanfaat untuk siapapun

Perjalanan hidupku tak ubahnya seperti aliran air yang mengikuti Alur Sungai. Cita-citaku hanya satu jadikan aku orang yang bermanfaat bagi orang lain. Maju Terus Pantang Mundur. Jangan Bosan Jadi Orang baik. Be The Best.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Hidup Praktis Tanpa Uang Tunai: SAKUKU Itu Pilihan Cerdas

28 Oktober 2016   10:54 Diperbarui: 28 Oktober 2016   11:19 176 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hidup Praktis Tanpa Uang Tunai: SAKUKU Itu Pilihan Cerdas
dokumen pribadi

Bukan Bank BCA namanya kalau tidak hadir dengan produk-produk baru yang inovatif. Rasanya kecanggihan teknologi benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Bank BCA. Kreasi dan inovasi produk terus dilakukan dalam rangka memanjakan para nasabahnya dengan seabrek kemudahan bertransaksi keuangan. Maka dari itu tidak heran, kini BCA tetap menjadi bank terbesar di Indonesia.

Inovasi kemudahan bertransaksi yang dilakukan BCA ini patut diapresiasi karena memang sangat memudahkan nasabah dalam bertransaksi keuangan. Saya masih ingat betul, dulu sebelum tahun 1986an, kala itu semua transaksi harus dilakukan di lakukan di kantor bank. Selain harus menempuh jarak yang cukup jauh dari rumah, saya pun harus rela kepanasan. Lebih parahnya lagi, sesampainya di kantor bank, antrean mengular panjang sudah siap menunggu. Sungguh sangat tidak efektif dan merepotkan. Iya kalau yang mau disetor/diambil berjumlah banyak, tetapi bila hanya ratusan ribu, maka perjuangan untuk melakukan transaksi keuangan di bank BCA sangat tidak seimbang dengan pengorbanan yang dilakukan.

Namun, sejak tahun 1900an kondisi mulai berubah setelah Anjungan Tunai Mandiri (Automated Teller Machine/ATM) mulai dikenal di Indonesia. Kala itu BCA ikut menjadi pelopor penggunaan ATM ini melalui ATM Prima. Sejak itu pula, transaksi keuangan mulai mudah dan nyaman. Akhirnya, kita lebih senang pergi ke ATM untuk urusan perbankan ketimbang bertemu teller-teller bank berwajah menawan dengan senyum ramah menyapa. ATM jauh lebih praktis. Rasanya, di era yang serba praktis seperti saat ini sulit membayangkan bagaimana hidup tanpa mesin ATM.

Namun, tetap saja, penggunaan ATM masih memiliki kekurangan karena kita masih harus mengunjungi lokasi-lokasi ATM yang keberadaannya bisa cukup jauh dari tempat kerja atau rumah kita berada. Hal ini bagi sebagian kalangan cukup merepotkan dan terkesan menyulitkan.

Melihat realitas di atas, seiring perkembangan teknologi IT yang sangat pesan, muncullah aplikasi-aplikasi online yang bisa memudahkan para nasabah melakukan transaksi keuangan tanpa harus mendatangi lokasi ATM. Salah satu contohnya adalah BCA Mobile melalui Hanpdhone, Internet Banking BCA, SMS Banking dan lain sebagainya. Aplikasi layanan ini pastinya sangat disambut gembira oleh para nasabah karena sangat memudahkan semua transaksi keuangan. Dunia seakan dalam genggaman tangan kita.

Namun demikian, kehadiran  semua aplikasi dan layanan di atas belum memuaskan BCA selaku bank yang dikenal dengan produk inovatif dan kreatifnya. Salah satu produk yang mulai mendapat respons positif dari nasabah adalahSAKUKU. SAKUKU adalah dompet elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran belanja, isi pulsa dan transaksi perbankan lainnya. SAKUKU adalah dompet elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Dengan begitu, acara hangout akan semakin all out.

Tak terbayang bila kita kehabisan pulsa di tengah malam, dalam kondisi hujan lagi, sedangkan kita lagi sangat membutuhkannya. Mau ke luar rumah, dipastikan tidak ada warung pulsa yang buka, ATM juga jauh. Maka kehadiran SAKUKU dipastikan akan menjadi penyelamat yang sangat bermanfaat. Begitu pula, bila anak-anak kita, tiba-tiba mendadak minta kiriman uang sedangkan kita sedang rapat di kantor maka SAKUKU lagi-lagi akan menjadi penyelamat yang sangat membantu. Dan masih banyak kesulitan-kesulitan lainnya yang bisa diselesaikan dengan SAKUKU.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN