Mohon tunggu...
Shohibul Hidayah
Shohibul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence Pilihan

Teknologi Canggih di Masa Depan

25 Januari 2024   12:44 Diperbarui: 25 Januari 2024   12:48 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1: Hologram by https://pixabay.com/id/images/search/hologram/

Seiring berkembangnya waktu perkembangan teknologi akan semakin meningkat dari waktu-ke waktu. Ada teknologi yang di upgrade atau bahkan teknologi baru yang muncul didunia. Mungkin selama ini kita melihat film-film fiksi yang dimana menggambarkan kondisi masa depan yang dipenuhi dengan teknologi-teknologi yang sangat canggih. 

Film Fiksi ini walaupun mungkin dibuat karena imajinasi penulis namun tak jarang teknologi yang ada di film fiksi tersebut perlahan menjadi kenyataan. Mungkin kita bertanya-tanya bagaimana mungkin imajinasi tersebut bisa menjadi kenyataan, apakah memang dari film fiksi tersebut menjadi inspirasi penelitian atau ahli dari bidangnya?. Banyak film-film yang menggambarkan teknologi masa depan yang bisa menjadi rekomendasi film untuk ditonton. Jika kita ingin mengetahui seperti apa gambaran teknologi masa depan bisa menonton langsung film-film fiksi seperti, Avengers, Ready Player One , Alita The Battle Angel, The Space Sweepers, The Tomorrow War, Inception, Interstellar, Tenet, Terminator dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu bahkan saat ini bisa kita lihat di pameran robotik di beberapa negara yang memperlihatkan robot dari berbagai versi dan fungsinya. Jika memang tidak ada kesempatan mengunjungi pameran Robotik tenang kita bisa melihat di sosial media, website dan portal lainnya. Di dalam film ada beberapa teknologi masa depan yang perlahan menjadi nyata yang akan dibahas yaitu teknologi Robotik, Hologram dan Chip. Ketiga teknologi tersebut sudah mulai diperkenalkan dan beberapa sedang dalam tahap uji. Itu menandakan kemajuan teknologi semakin canggih, tentu fungsinya sangat luas salah satu fungsinya yaitu bisa membantu dan mempermudah aktivitas manusia baik dalam hal pekerjaan sehari-hari, berkomunikasi dengan orang, memperluas informasi, dan lain sebagainya.

Hologram

Dilansir dari metanesia.id rekayasa Optik dari teknologi Holografik modern sudah dikembangkan sejak tahun 1940an. Penemuan ini sebenarnya atas tidak sengajaan penciptanya yaitu seorang Fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Dennis Gabor mendapatkan nobel fisika pada tahun 1971 atas penemuan tersebut dan dikembangkan metode holografi yaitu ilmu dan praktik pembuatan holograf. Pengembangan yang dilakukan yaitu microskop elektron yang menjadi latar belakang menjadi pondasi dari holografi modern.

Hologram sendiri merupakan teknologi yang merepresentasikan ketiga dimensi dari objek yang seakan mengambang di udara tanpa menggunakan perangkat khusus yaitu VR. Hologram tercipta dengan memanfaatkan cahaya laser yang akan membuat gambar seolah seperti nyata. Cahaya laser yang diproyeksikan bertemu dengan cahaya dari berbagai sudut. Ketika cahaya tersebut bersilangan akan membentuk pola interfensi yang rumit. Adanya hologram ini akan mengubah cara manusia dalam berkomunikasi dimasa depan. Komunikasi dengan orang terasa hidup walaupun jarak nya jauh. Hologram bisa digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan, medis, hiburan, industri, keamanan, dan bidang lainnya. Dalam realitas virtual akan terasa lebih realistik, kita akan merasa seperti berinteraksi dunia virtual dalam bentuk tiga dimensi.

Salah satu perkembangannya dari teknologi ini adalah berkembangnya perangkat yang lebih portebel sehingga tidak terbatas lagi dari perangkat besar dan kompleks sehingga mudah untuk dibawa. Hal ini bisa membuat pengguna hologram lebih mudah dalam berbagai situasi seperti perjalanan, presetasi bisnis dan lainnya hingga bisa digunakan untuk pameran seni. Kemajuan AI juga membantu meningkatkan kemampuan hologram. AI digunakan untuk membuat hologram terlihat lebih realistis, dan cepat dalam hal merespon interaksi manusia.

Jenis dari hologram dibedakan menjadi dua jenis yaitu daya rekayasa, dan teknik pembuatannya. Berdasarkan daya raksasa hologram dibedakan menjadi label dan seal (segel). Dari jenis label tidak akan rusak meski dicabut, sedangkan yang berbentuk segel bersifat sebaliknya. Berdasarkan teknik pembuatannya, hologram dibagi menjadi 2 dimensi yaitu, hologram dibagi menjadi 2 dimensi, 3 dimensi, dot matrik dan kombinasi.

Chip Implan 

Gambar 2: Micro Chip Implant by https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/microchip-implant
Gambar 2: Micro Chip Implant by https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/microchip-implant

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun