Mohon tunggu...
SHOHIBUL ULUM
SHOHIBUL ULUM Mohon Tunggu... Lainnya - Masih Newbie

Tentang Politik Luar Negeri dan Teknologi

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Masa Depan Sistem Operasi Linux di Indonesia

3 Maret 2022   04:42 Diperbarui: 3 Maret 2022   04:48 2667
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manjaro adalah salah satu distro turunan Linux. (Dokpri)

Personal Computer atau lebih dikenal dengan PC merupakan teknologi yang memiliki peran penting terhadap kehidupan manusia. Masyarakat Indonesia secara umum lebih mengenal PC sebagai komputer desktop untuk membedakanya dengan laptop. Akan tetapi, tulisan ini tidak akan mengulas lebih dalam mengenai perbedaan komputer desktop dan laptop. Permasalahan yang akan dibahas adalah prospek penggunaan sistem operasi yang digunakan oleh sebagain komputer desktop dan laptop di Indonesia.

Sistem operasi atau Operating System berperan sebagai penghubung antara hardware dengan user. Melalui sistem operasi, kita sebagai user dapat berkomunikasi secara dua arah dengan komputer. Tanpa sistem operasi, komponen hardware komputer tidak lebih dari kumpulan silikon yang dialiri listrik. 

Terdapat berbagai pilihan sistem operasi yang dapat dipilih oleh kita sebagai pengguna, mulai dari sistem operasi dengan fitur premium seperti OS X, hingga sistem operasi tanpa mengeluarkan modal sepeserpun alias gratis seperti Linux.

Berbicara mengenai preferensi pengguna sistem operasi, ternyata sebagian besar pengguna komputer desktop di dunia memilih menggunakan sistem operasi Windows sebagai daily driver untuk menjalankan tugas-tugas harian seperti pengetikan dokumen, browsing, desain grafis dan bahkan gaming. 

Hasil survey dari situs statcounter.com tentang sistem operasi desktop berdasarkan pengguna pada bulan Januari 2022, memperlihatkan bahwa sistem operasi Windows dipakai oleh sekitar 75.55% di seluruh dunia. 

Nilai persentase ini menjadikan Windows sebagai penguasa pasar sistem operasi komputer desktop dan laptop. Disebut sebagai ‘penguasa pasar’ karena Windows merupakan sebuah brand yang dimiliki oleh Microsoft

Peringkat kedua sistem operasi yang paling banyak dipakai adalah OS X besutan Apple dengan persentase sebesar 15.85%. Sistem operasi Chrome OS dan Linux masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima dengan persentase 2.6% dan 2.19%. Fakta yang cukup menarik adalah sekitar 3.86% dari total pengguna sistem operasi menggunakan sistem operasi ‘tiidak diketahui’.

Apabila statistik pengguna sistem operasi ini ditarik lebih spesifik ke Indonesia saja, maka peringkat pertama masih dipegang oleh Windows dengan persentase sebesar 86.67%. diikuti oleh sistem operasi ‘tidak diketahui’ sebesar 5.75%. Pengguna sistem operasi berbayar seperti OS X menempati peringkat keempat dengan persentase sebesar 5.23%. 

Apabila sistem operasi gratis semacam Linux di peringkat dunia berada di bawah Chrome OS, maka di Indonesia sistem operasi Linux masih berada di atas Chrome OS dengan persentase sebsar 2.27%. Chrome OS berada di peringkat terakhir dengan perolehan persentase sebesar 0.08%.

Jika dicermati dengan seksama, dari peringkat sistem operasi hasil survey statcounter.com, terlihat bahwa sistem operasi pada komputer desktop dan laptop dikuasai oleh Windows baik di level dunia maupun Indonesia. 

Mengapa sistem operasi gratis seperti Linux tidak banyak digunakan oleh pengguna komputer desktop dan laptop? Salah satu faktor yang cukup berpengaruh adalah edukasi pengguna ketika mencoba mengoperasikan komputer untuk pertama kalinya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun