Mohon tunggu...
Shofi Nurafifah
Shofi Nurafifah Mohon Tunggu... Guru - Universitas Pendidikan Indonesai Kampus Daerah Cibiru

KKN Tematik UPI 2021 DPL : Dinie Anggraeni Dewi, M. Pd.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Guru dan Siswa Saat Pembelajaran Daring

28 Juli 2021   18:48 Diperbarui: 28 Juli 2021   18:54 45 1 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang memiliki hak untuk menempuh jenjang pendidikan. Dimana pendidikan dipercaya bisa mengembangkan potensi peserta didik dan melahirkan karakter yang menggambarkan nilai benar, salah, baik buruk. 

Namun, dengan adanya Pandemi Covid-19 guru harus berjuang dengan meningkatkan level perjuangannya untuk dapat mengembangkan potensi peserta didik dan melahirkan karekter yang baik.  Dikarenakan dengan adanya Pandemi Covid-19 sistem pendidikan harus berubah, yaitu dengan dilaksanakannya Pembelajaran Daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Hal tersebut membuat guru dan siswa harus menyesuaikan dengan situasi yang baru, dimana hampir semua aspek pendidikan menggukan teknologi. Keadaan yang mengharuskan pendidikan dilaksanakan secara jarak jauh membuat guru harus lebih kreatif dan melek digital, agar pendidikan yang dipercayai dapat mengembangkan potensi peserta didik dan melahirkan karakter yang baik dapat terwujud.

Pembelajaran secara daring dirasa kurang efektif karena membuat guru dan siswa merasa bosan. Oleh karena itu, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema “Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan” dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM) yang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Shofi Nurafifah merupakan salah satu mahasiswi PGSD (Pendididkan Guru sekolah Dasar) UPI Kampus Cibiru yang menjadi salah satu peserta KKN Tematik UPI 2021 dari Kelompok 4 dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Ibu Dinie Anggraeni Dewi, M. Pd. 

Shofi mengabdi di SD Negeri 094 Parakan Waas yang beralamatkan di Jl. Waas II N0. 94b Kelurahan Batu Nunggal, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung. Saat mengabdi di SD Negeri 094 Parakan Waas kebetulan sekolah tersebut membutuhkan orang untuk membantu guru yang kurang paham dalam menggunakan teknologi, yang dimana saat pembelajaran daring ini guru dan siswa dituntut untuk menggunakan teknologi.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Pengabdian yang shofi lakukan di SD tersebut yaitu membantu guru kelas 3. Shofi membantu administrasi sekolah dengan mengisi program ketatalaksanaan sekolah selama satu tahun ( 2 semester) yang dilakukan secara online. 

Shofi membantu guru mengedit media pembelajaran dan memberi tahu bagaimana cara menggunakan google drive. Selain itu juga shofi diberikan kesempatan untuk mencoba membuat RPP dan Silabus yang formatnya menyesuaikan dengan sekolah. Selain itu,Shofi juga membantu guru melakukan pendampingan pembelajaran online kepada siswa

. Pembelajaran secara online biasanya dilakukan dengan memberikan tugas melalui WhatsApp dan dilakukan dengan tatap maya melalui Google Meet. Agar kegiatan pembelajaran menjadi menarik, Shofi memasukan media saat pelaksanaan pembelajaran secara online. Disini shofi mencoba mengedit video yang berkaitan dengan pembelajaran di hari tersebut. hal tersebut dilakukan agar siswa tidak merasa bosan.  

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN