Mohon tunggu...
Shira Kirana Dewi
Shira Kirana Dewi Mohon Tunggu... Lainnya - Pelajar/Mahasiswa

SV-IPB KMN58

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Sudah Tradisi Turun Menurun, Desa Nyalindung Pertahankan Mata Pencaharian Petani

16 Maret 2023   08:23 Diperbarui: 16 Maret 2023   08:29 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sukabumi, 15 Maret 2023 - Sejak zaman dahulu, bangsa Indonesia mayoritas masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Termasuk Desa Nyalindung, desa yang terletak di Kabupaten Sukabumi bagian selatan ini sejak dahulu mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. 

Hal ini dikarenakan para penduduk desa nyalindung sudah turun temurun mewarisi pekerjaan ini. "Di desa ini petani tidak akan habis, karena ada tradisi turun temurun petani yang akan terus diwariskan ke setiap generasinya." Kata Asep.

 Alasan mereka masih mewarisi tradisi itu karena letak geografisnya. Letak geografis dari Desa Nyalindung sangat memungkinkan untuk bertani khususnya bertani padi. Kondisi alam yang masih asri dan segar serta tersedianya banyak lahan yang subur, membuat masyarakat banyak memilih profesi ini. Selain itu, hasil dari pertanian itu sendiri dapat dikonsumsi penduduk dan membatu roda perekonomian penduduk setempat.

Hasil pertanian Desa Nyalindung biasanya dikelola terlebih dahulu agar menghasilkan hasil beras yang berkualitas tinggi dan dapat dapat didistribusikan ke kota. Hasil tani Desa Nyalindung juga di jual kepada masyarakat sekitar dengan harga yang lebih terjangkau dibanding jika membeli hasil tani dari luar desa. 

Tetapi uniknya, pemerintah setempat mengatakan bahwa hasil tani Desa Nyalindung yang telah didistribusikan ke kota, justru dibeli oleh masyarakat Nyalindung yang ada di kota dan dibawa kembali ke desa untuk dijual.

Selain untuk dijual, banyak hasil tani yang digunakan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dengan cara memberikan mereka beras melalui program bantuan BPNT atau bantuan pangan non tunai. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terutama masyarakat yang masih sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.

Pemerintah Desa Nyalindung sering memberikan bantuan kepada para petani contohnya seperti dari pihak kecamatan Desa Nyalindung yang membuat proposal yang diajukan kepada pemerintah provinsi jawa barat untuk pengajuan program kontak tani nelayan andalan. 

Kontak tani nelayan andalan atau KTNA adalah suatu organisasi independent di Indonesia yang berorientasi pada aktivitas sosial di sektor agrikultur, yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan. 

Pemerintah Desa Nyalindung mengajukan ini karena ingin petani di desanya bisa terarahkan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi pertanian. Selain itu, KTNA juga berperan untuk dapat menampung aspirasi para petani yang dapat di sampaikan kepada pemerintah.

Selain KTNA, pemerintah Desa Nyalindung juga sering memberikan bantuan kepada para petani berupa bahan bahan pertanian seperti pupuk, benih, dan lain lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun