Mohon tunggu...
Shinta Mawar
Shinta Mawar Mohon Tunggu... Guru - Shinta

Literasi adalah jendela.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Team Word Webbing dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi

4 Desember 2021   15:00 Diperbarui: 4 Desember 2021   15:04 97 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN TEAM WORD-WEBBING PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 57 JAKARTA

OLEH:
SHINTA MAWAR, S.Pd.

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah

Pada hakikatnya kegiatan belajar mengajar adalah suatu proses interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik dalam satuan pembelajaran. Komponen satu dengan yang lain akan berkaitan dan akan terbentuk ekosistem pembelajaran yang utuh. Salah satu kompenennya adalah guru. Guru merupakan kunci dalam proses belajar mengajar yang memegang peran yang sangat penting. Guru harus mampu memfasilitasi peserta didik sebagai subjek dan pusat pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Sebagai pengatur sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus dapat membuat suatu pengajaran menjadi lebih efektif juga menarik sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat peserta didik merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari bahan pelajaran tersebut.

Menulis merupakan salah satu keterampilan atau skill yang harus dikuasai, juga merupakan sarana berkomunikasi dan sangat berguna dalam kehidupan. Karena itulah menulis menjadi salah satu alat ukur dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Acapkali pelajaran bahasa Indonesia dianggap mudah oleh sebagian peserta didik. Interpretasi itu terbentuk karena pelajaran bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Meskipun demikian, kenyataan yang dihadapi hingga saat ini adalah sebagian besar peserta didik tidak mempunyai kemampuan menulis dan menganggap menulis merupakan keterampilan yang sulit, karena berkaitan dengan keterbatasan kosakata dan ketidaktahuan mengenai struktur teks, dan membosankan.

Untuk itu diperlukan suatu upaya dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik salah satunya adalah dengan memilih strategi atau cara dalam menyampaikan materi pelajaran agar diperoleh peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik khususnya pelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya dengan membimbing peserta didik untuk bersama-sama terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan mampu membantu peserta didik berkembang sesuai dengan taraf intelektualnya. Sehingga nilai KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diharapkan oleh guru yaitu 80,00 dapat tercapai.

Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis mencoba menerapkan salah satu teknik pembelajaran dalam menulis Teks Deskripsi, yaitu teknik Team Word-Webbing untuk mengungkap apakah dengan teknik Team Word-Webbing dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia dalam menulis Teks Deskripsi. Penulis memilih teknik pembelajaran ini untuk mengondisikan peserta didik terbiasa merancang, meng-outline, memapping sesuatu yang berkaitan dengan menulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan