Mohon tunggu...
Shinta Devi
Shinta Devi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Manajemen Pelayanan Publik

24 Juni 2018   09:48 Diperbarui: 24 Juni 2018   09:58 2536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

PENDAHULUAN

Dalam buku Pelayanan public merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintah. Pelayanan public sebagai indicator penting dalam penilaian kinerja pemerintahan, baik dalam tingkatan pusat atau daerah. 

Pemerintah sebagai penyedia pelayanan mengatur proses dan tatacara pemberian pelayanan yang baik dengan sesuai standar yang sudah ditentukannya, yang dalam hal ini iyalah maklumat pelayanan dan tingkatan operasional proses. 

Undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan public dalam pasal 1 ayat 1 mengatakan bahwa pelayanan public iyalah kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan yang sesuai dengan peraturan undang undang bagi setia masyarakat Negara, penduduk, barang atau jasa atau pelayanan administrasif yang menyediakan oleh penyelenggaraan pelayanan public.

Dalam kopetensi dan kualitas ASN memiliki pengaruh perubahan yang signifikan terhadap sistem birokrasi pemerintahan serta menghasilkan output yang bisa menjadi tata pemerintahan yang baik dan pengembangan pelayanana yang sangatlah berkualitas. 

Sehingga dalam aspek yang ada di dalam pemerintah juga akan mengalami perubahan yang sangat baik. Yaitu dengan pola piker, karakter, manajemen, dan sistem yang ada didalam birokrasi dan dalam aspek di luarnya dengan kepuasan masyarakat atau rakyat terhadap penerimaan pelayanannya. Dalam budaya birokrasi memiliki dampak dalam pelayanan.budaya iyalah tata cara yang sangat melekat yang adadidalam sistem pelayanan. Aparatur iyalah pelayanan untuk masyarakat dan mempersembahkan sebaik mungkin dalam keinginan masyarakatnya.

Meriview buku tentang manajemen pelayanan public ini saya mendapatkan ilmu bahwa bagaimana manajemen pelayanan public yang ada diindonesia dan seperti apa aja konsep, fungsi dan tujuan dari pelayana public tersebut. 

Dalam sebuah organisasi pastinya ada proses manajemen yang akan dijalankan. Dalam organisasi sering dikaitkan dengan proses manajemen public baik secara teori ataupun prakteknya sendiri. Dalam pengertian manajemen sendiri adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap organisasi atau kelompok yang melakukannya dengan cara bekerja sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah diinginkan.

Didalam pembahasan pada buku ini menyatakan dalam memahami manajemen public iyalah manajemen yang dilakukan yang ada pada organisasi pemerintahan yang dimana berorientasi dalam kinerja pelayanan dan kualitas pelayanan publiknya. 

Pastinya dalam organisasi memiliki kareakteristik yang ada dalam formulasinya yaitu seperti : (1) Pembagian kerja sangatlah terkaitan dalam tugas pokok dan fungsi dalam sumber daya manusia dengan organisasi yang dibagi dalam bagian bagian yang sangat ditentukan dalam mencapai tujuan dari organisasi itu sendiri. Dalam penentapan kerja juga menurut kopetensi atau kemampuan yang ada pada anggota tersebut. (2) struktur hirarki yang akan mengembangkan struktur kemampuan, dikarnakan dalam sistem hirarki menentukan sebuah jabatan masing masing. 

Setiap organisasi atau kelompok memiliki struktur hirarki yang digunakan dalam melaksanakan efesien kegiatan yang akan diterjemahkan secara langsung oleh bawahan atau staff yang di pertanggungjawabkan kepada ketuanmya atas tugasnya. (3) dalam aturan dan prosedur formal iyalah kebijakan yang berkaitan dengan aktivitas dalam organisasi atau kelompok organisasi untuk melakukan secara hokum kepada semua stakholders. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun