Mohon tunggu...
Shinta Azizah
Shinta Azizah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

MAHASISWA UPN "VETERAN" JAWA TIMUR BINA DESA SKEMA PENGOLAHAN BUAH DAN SAYUR

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa Fakultas Teknik UPN "Veteran" Jawa Timur Mengadakan Pelatihan Pengolahan Tomat Kurma dan Kimchi

18 April 2022   19:48 Diperbarui: 18 April 2022   19:50 119 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tomat kurma merupakan salah satu bentuk pengawetan produk pangan yang bersifat semi basah sehingga memiliki banyak keunggulan, selain bertekstur lunak dan elastis (mudah dibentuk), jenis pangan ini juga dapat langsung dikonsumsi tanpa dehidrasi dan dapat disimpan tanpa harus disterilisasi. 

Dengan pengolahan tomat seperti ini, maka dapat membangun intesif penjualan tomat dan memperluas rentang waktu kegunaan tomat dibandingkan dengan tomat yang masih baru. Selain tomat kurma juga ada kimchi. Kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran segar.

Manisan tomat dan kimchi adalah satu trobosan pemanfaatan hasil dari panen yang bertujuan untuk menambah umur simpan dari buah tomat dan Pakcoy. Tujuan dari pengolahan tomat dan pakcoy ini adalah meningkatkan nilai tambah buat tomat dan pakcoy itu sendiri.

Gambar 1 Warga Menyimak cara Pembuatan Tomat Kurma/dokpri
Gambar 1 Warga Menyimak cara Pembuatan Tomat Kurma/dokpri

Gambar 2 Warga Menyimak cara Pembuatan Kimchi dari Pakcoy/dokpri
Gambar 2 Warga Menyimak cara Pembuatan Kimchi dari Pakcoy/dokpri

Warga desa Giripurno sangat antusias dalam praktik pembuatan olahan tomat menjadi tomat kurma. Selain tomat kurma juga ada kimchi, warga juga antusias dalam pembuatan kimchi yang jarang dikenal pleh warga lainnya.

Gambar 3 Warga Praktik Mengolah Tomat Kurma/dokpri
Gambar 3 Warga Praktik Mengolah Tomat Kurma/dokpri

Gambar 4 Warga Praktik Mengolah Kimchi dari Pakcoy/dokpri
Gambar 4 Warga Praktik Mengolah Kimchi dari Pakcoy/dokpri

Diharapkan dengan berlangsungnya kegiatan ini memberikan wawasan baru terkait pengolahan buah dan sayur lainnya yang dapat dijual dipasaran atau toko oleh-oleh lainnya. 

Tidak lupa diakhir acara untuk foto Bersama warga Desa Giripurno yang telah mengikuti pelatihan Tomat Kurma dan Kimchui. Semoga dengan adanya kegiatan ini kami selaku mahasiswa Bina Desa Fakultas Teknik UPN "veteran" Jawa Timur dapat memberikan atau meyalurkan kreatifitas warga Desa Giripurno melalui pelatihan pengolahan tomat kurma dan kimchi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan