Mohon tunggu...
Shinta Harini
Shinta Harini Mohon Tunggu... Penulis - From outside looking in

Pengajar dan penulis materi pengajaran Bahasa Inggris di LIA. A published author under a pseudonym.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mau Terdengar Seperti Orang Bule? Coba Ini!

24 Juli 2021   16:34 Diperbarui: 24 Juli 2021   17:27 171 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Terdengar Seperti Orang Bule? Coba Ini!
Bicara seperti orang bule. (Sumber: Clker free-vector-images dari Pixabay)

Hai. Salam kenal untuk semuanya. Di tulisan perdana ini saya akan ceritakan apa yang saya pelajari di masa-masa awal saya bergabung dengan salah satu departemen di tempat saya bekerja yang tugasnya adalah menulis bahan-bahan ajar dan tes yang digunakan di tempat kursus Bahasa Inggris ini. Saat itu saya masih jadi guru dan staf penulis yang relatif masih baru.

Pada suatu kesempatan saya bertemu dengan Ibu Gloria, salah satu penulis buku-buku kami di awal terbentuknya departemen kurimat alias kurikulum dan materi. Beliau juga merupakan salah satu editor dan juga staf senior yang paling berpengalaman. Pokoknya, dedengkot kami deh. Sewaktu saya bertemu beliau, Ibu Gloria sudah tidak menjadi penulis kami lagi, tetapi masih berperan sebagai konsultan dan anggota komisi kurikulum.

Ibu Gloria ini berasal dari Filipina, jadi bisa dibilang dia juga merupakan seorang native speaker Bahasa Inggris karena di negaranya, bahasa itu merupakan bahasa kedua mereka setelah bahasa Tagalog. Nah, suatu ketika saat kita sedang ngobrol-ngobrol dia berbagi beberapa macam tips, misalnya cara berbicara Bahasa Inggris yang membuat kita bisa kedengaran seperti orang bule. Menurut dia, salah satu caranya adalah dengan menambahkan bunyi /h/ di depan kata tanya yang menggunakan Wh words saat kita bertanya sesuatu.

Tentunya kita sudah tahu Wh words adalah what, who, why, where, when, dan how. Pertanyaan-pertanyaannya misalnya:
- What are you doing?
- Why are you here?
- Where did you go?
- When is she going to arrive?

Nah, untuk pertanyaan-pertanyaan di atas cobalah menambahkan sound /h/ di depan sehingga menjadi seperti ini:
- hWhat are you doing?
- hWhy are you here?
- hWhere did you go?
- hWhen is she going to arrive?

Niscaya anda akan terdengar seperti penutur asli Bahasa Inggris. Tidak percaya? Why don't you give it a try? *insert emoji senyum*. Namun kalau anda perhatikan, di sini saya tidak mengikutsertakan kata tanya who dan how. Mengapa tidak? Karena dari bunyinya sendiri mereka sudah berbunyi /h/. Untuk who, apalagi how yang memang memakai huruf h. Bagaimana coba kalau ditambah bunyi /h/ lagi? Bakal jadi seperti hhh....

Jadi tunggu apalagi? Sekarang silakan mencoba mengucapkan pertanyaan-pertanyaan di atas. Setelah itu boleh buat pertanyaan-pertanyaan yang lain. Hanya saja kalau hendak praktek bertanya ke orang lain, jangan lupa gosok gigi dulu ya. Cheers!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN