Mohon tunggu...
shifa nur azizah
shifa nur azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Jangan lupa tersenyum

Shipoy

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Literasi Baca Tulis di Era Digital

9 Desember 2021   08:41 Diperbarui: 9 Desember 2021   11:14 74 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


   Literasi itu sangat penting bagi anak , karena dengan literasi anak akan lebih mudah untuk bisa menggapai suatu tujuan pembelajaran. 

Literasi yaitu suatu proses transferisasi suatu informasi untuk pemahaman kepada seseorang yang sedang belajar memahami sesuatu hal. 

Suatu literasi sebenarnya banyak macamnya, tetapi yang lebih penting atau bisa dikatakan suatu keharusan seorang anak yaitu literasi baca tulis.   

 Literasi baca tulis merupakan sebuah kemampuan untuk membaca, menulis, menelusuri, mengolah, menganalisis, dan memahami sebuah informasi yang kemudian dituangkan ke dalam sebuah teks tertulis untuk mengembangkan sebuah potensi di lingkungan sekitarnya (kemekdikbud, 2017, p.7). Bisa disimpulkan bawasannya literasi baca tulis ini tidak hanya berfokus pada suatu hal yang berhubungan dengan membaca dan menulis. 

Di literasi ini, banyak sekali hal yang bisa anak itu peroleh dan juga bisa mereka kembangkan.   Literasi di Indonesia, bisa dibilang sangat rendah. dengan begitu pada sekitaran tahun 2016 kemekdikbud sudah mengadakan sebuah Gerakan Literasi Nasional (GLN). 

Gerakan ini tentunya diharapkan bisa memberi sebuah pengembangan baik karakter maupun keterampilan agar semua orang tidak hanya siswa memiliki sebuah indeks yang maksimal terutama di abad ke 21 ini. Berdasarkan indeks, suatu aktivitas membaca terdapat empat dimensi yaitu : akses, kecakapan, alternatif, dan budaya.

Di era digital saat ini, peran orang tua sangat penting untuk membimbing anak dalam penggunaan gadget. Batasi mereka untuk belajar dan juga bermain dengan gadget. Jangan terlalu sering untuk anak bermain gadget, walaupun sekarang apa-apa gadget yang namanya anak masih perlu yang namanya bermain. 

Bermain disini berarti di dunia luar, ajak anak untuk bermain ke dunia luar. Literasi baca dan tulis merupakan sebuah literasi dasar yang fundamental. Literasi baca tulis juga akan membantu seorang anak untuk memiliki literasi dasar yang lainnya. 

Literasi ini perlu adanya dukungan dari pemerintah, Mengapa? Karena pemerintah harus menyediakan sebuah buku atau setidaknya membuat perpustakaan yang bersih dan juga nyaman. tujuannya agar masyarakat menjadi sangat antusias dan juga mereka akan merasa nyaman berada disana. Dengan terbiasanya mereka kesana, Perlahan mereka akan semakin senang dan membiasakan diri untuk membaca.

Di jaman sekarang, mungkin sangat susah untuk pergi ke tempat seperti pespustakaan. karena sudah ada teknologi yang sangat canggih. Banyak sekali informasi yang lebih mudah di dapat dengan gadget. Disebutkan di dalam website kabar 24 pada tahun 2019 bahwa kondisi baik sebuah perpustakaan sebesar 24,06 (kategori rendah) dan persentase petugas pengelola perpustakaan sekolah sebesar 14,34 (kategori sangat rendah). 

Angka tersebut dibilang masih sangat rendah, sebenarnya ini bukan hanya tugas dari pemerintah. tugas pemerintah disini adalah untuk membantu menyediakan sebuah buku dan juga fasilitas perpustakaan. Tugas kita yaitu untuk menjaga dan juga terus mengembangkan sebuah perpustakaan yang pastinya sangat berguna tidak hanya untuk anak tetapi untuk semua masyarakat yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan