Regional Pilihan

Ini Dia Cara Memilih Kost Jakarta

27 Februari 2017   20:30 Diperbarui: 6 Agustus 2017   00:21 1344 3 3
Ini Dia Cara Memilih Kost Jakarta
Sumber: kostjakarta.com

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau Jakarta terkenal dengan biaya hidupnya yang paling mahal se-Indonesia. Banyak hal bagus di Jakarta justru harganya mahal, misalnya berbagai macam kebutuhan hidup seperti makanan, minuman, atau pakaian. Beberapa tempat tinggal juga memiliki harga sewa yang tidak murah untuk sebagian besar wisatawan luar Jakarta seperti saya.

Namun demikian, rumah kost tetap menjadi pilihan yang laris termasuk di Jakarta. Rumah "bisnis" berprospek cerah ini memang merupakan tempat tinggal yang senantiasa melekat di hati siapapun yang pernah maupun akan meninggalinya, termasuk para wisatawan luar Jakarta. Siapa sangka, kalau kost Jakarta pun tetap dapat menjadi murah semurah kota-kota lain di luar Jakarta?

Berikut ini adalah cara-cara kita dapat memilih kost Jakarta yang tepat untuk menampung kita selama kegiatan travelling Jakarta berlangsung. Tidak lupa juga dalam artikel ini saya cantumkan cara-cara untuk dapat menghemat pengeluaran selama di Jakarta:

1. Mengukur Jarak Tempuh Antara Tempat Yang Akan Dikunjungi Dengan Tempat Kost

Sumber Gambar:http://www.kostjakarta.com/

Tidak selamanya di Jakarta jauh dengan tempat-tempat ramai wisatawan. Apabila kita mencari tempat kost yang tepat, kita pun dapat menjangkau mal-mal dan objek-objek wisata daerah Jakarta lainnya dari kost Jakarta kita.

Di tips nomor 1 inilah, membuat travel itinerary itu penting. Karena begitu banyak objek wisata di Jakarta yang sangat menarik mata untuk dikunjungi, lebih baik untuk melakukan riset dahulu sebelum pergi berangkat. Rincian biaya per hari, minggu, atau bulan pun juga harus kita pertimbangkan, mengingat ada beberapa objek wisata yang dapat dicapai dengan jalan kaki, ada juga yang harus naik Go-Jek, bis, atau taksi. 

Kemudian, cari tempat-tempat kost Jakarta di sekitar area yang ingin dijangkau yang harganya paling rendah. Beberapa tempat kost Jakarta dapat menegosiasikan apabila harganya masih terlalu tinggi.

2. Lakukan Pembayaran dengan Debit Card atau Transfer

Sumber: Flickr.com
Sumber: Flickr.com
Sumber Gambar: http://www.kostjakarta.com/

Transfer bank mungkin telah menjadi pilihan yang umum, namun, mungkin beberapa wisatawan dari luar Jakarta masih asing dengan penggunaan debit card. Atau mungkin, beberapa wisatawan berpikiran bahwa pemakaian kartu tertentu akan terkena charge, sehingga lebih baik membayar tagihan iuran kost menggunakan cash.

Kenyataannya, pembayaran menggunakan debit card maupun transfer memiliki berbagai reward yang tidak dapat diberikan oleh sistem pembayaran lainnya. Saya sendiri pernah mencobanya dan selalu ketagihan begitu melihat reward dan poin yang diberikan. Sekedar informasi, berdasarkan pengamatan saya, iuran kost Jakarta per bulan rata-rata berkisar 1 juta rupiah, sehingga ini dapat memberikan kontribusi penambahan poin yang banyak. 

Siapa tahu, poin yang banyak ini dapat menghemat tidak hanya uang tagihan dan iuran listrik bulanan (bila ada), tetapi juga pengeluaran untuk biaya hidup selama di Jakarta? Dengan demikian, kost Jakarta dapat menjadi murah karena pembayaran debit card atau transfer antar bank.

3. Tetap Waspada Dengan Oknum Penipu

Sumber: Flickr.com
Sumber: Flickr.com
Sumber Gambar:http://www.flickr.com/

Telah banyak tulisan yang mendefinisikan oknum penipu, namun, berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya hendak mengatakan bahwa yang dimaksud dengan oknum penipu adalah mereka yang tidak konsisten dengan perkataan mereka sendiri. Dalam dunia rumah kost, bisa jadi mereka menawarkan harga murah sebagai pancingan, kemudian setelah kita masuk, ternyata iuran yang harus kita bayar melambung tinggi dengan biaya-biaya yang tidak pernah dikomunikasikan sebelumnya. 

Hati-hati pula untuk tidak mudah tergiur dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan. Menurut saya, kost yang benar adalah kost yang mempersilahkan calon penghuninya untuk masuk tanpa menghalang-halangi. Lain halnya dengan oknum penipu, mereka cenderung meminta calon penghuni untuk melihat gambar-gambar mereka dan terkadang meminta pembayaran terlebih dahulu "untuk menunjukkan keseriusan". Mereka juga akan berusaha untuk menutup-nutupi ruangan tertentu, padahal ruang tersebut ada.

Yang lebih parah, ada yang menawarkan kost, tapi ternyata rumahnya bukan rumah kost. Itu hanya rumah biasa. Jadi, waspadalah!

Paling tidak, pertimbangan ketiga tips tersebut akan menyelamatkan acara travelling kita, sehingga wisata ke Jakarta akan menjadi wisata yang menarik. Memilih kost Jakarta pun bukan perkara yang susah, apalagi Jakarta merupakan kota teramai di Indonesia. 

Selamat memilih kost Jakarta murah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda!