Mohon tunggu...
Wiwie Pratiwi Bj
Wiwie Pratiwi Bj Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya ADA karena BERPIKIR\r\nSaya BERPIKIR untuk BERBUAT\r\nSaya BERBUAT agar Saya MENANG\r\n

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

BJPratiwi_Kelas 07.25B_Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

19 November 2022   13:52 Diperbarui: 21 November 2022   05:28 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Salam Guru Penggerak. 

Saya, BJ Pratiwi, Calon Guru Penggerak Angkatan 7. SMAN 1 Soppeng. Saya akan memaparkan tentang Koneksi antar materi pada Modul 1.2. 

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya. Saya akan memaparkan dalam model refleksi 4P (peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan ke depan) :

Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah berusaha untuk mengetahui dan memahami seluruh isi modul 1.1 dan 1.2. dalam waktu singkat, serta mengerjakan tugas-tugas yang ada pada modul tersebut.

Pada modul 1.1 berisi tentang filosofi KHD yang menuntun murid sesuai dengan kodratnya, agar bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi - tingginya. Sedangkan pada modul 1.2 berupa nilai-nilai dan peran guru penggerak untuk bergerak, tergerak, dan menggerakkan.  

Modul 1.1 dan 1.2 saling berkaitan satu sama lain karena seperti yang kita tahu, Pendidikan bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan bagi peserta didik itu sendiri. Dalam hal menuntun dibutuhkan pendidik yang memiliki 5 nilai dan peran guru penggerak. Kedua modul ini bertujuan agar peserta didik mampu belajar dengan aman dan nyaman, dan bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui peran aktif guru penggerak.

Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti seseorang yang baru menemukan oase di padang pasir. Muncul kesadaran saya atas nilai dan peran guru yang belum seutuhnya saya kembangkan. Saya menyadari ilmu yang saya miliki masih seujung kuku. Sehingga saya semangat untuk belajar lebih banyak lagi. Terlebih ketika saya melihat calon guru penggerak lain yang senior – senior tapi semangatnya luar biasa. Hal itu juga memotivasi saya untuk terus bersemangat dalam belajar.

Pembelajaran: Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa saya sudah menerapkan proses pembelajaran yang tepat, sekarang saya berpikir bahwa saya harus membenahi diri sendiri agar bisa menjadi pendidik yang sesuai dengan Filosofi pemikiran KHD, berpihak pada murid yang menyesuaikan pada kodrat anak itu sendiri. Serta berusaha memiliki dan mengembangkan 5 nilai dan peran guru penggerak.  

Penerapan ke depan (Rencana): Saya berusaha menambah ilmu dan berinovasi pada proses pembelajaran tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, dengan tetap memperhatikan karakter, bakat, dan minat peserta didik, agar proses pembelajaran tetap berpihak pada peserta didik. Selain itu, saya berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai pihak, sebagai bentuk kolaborasi. Serta konsisten melakukan refleksi baik dari peserta didik maupun dari rekan sejawat sebagai bentuk evaluasi diri pada proses pembelajaran yang telah saya lakukan.

Demikian pemaparan saya tentang koneksi antar materi pada modul 1.2. 

Terima Kasih 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun